Berkat Kerja Keras Universitas Widyatama Kembali Menyabet Penghargaan Kampus Ternama

Berkat Kerja Keras Universitas Widyatama Kembali Menyabet Penghargaan Kampus Ternama

WhatsApp Image 2021 02 18 at 08.40.17 1024x768 - Berkat Kerja Keras Universitas Widyatama Kembali Menyabet Penghargaan Kampus Ternama

Universitas Widyatama di awal tahun ini kembali menorehkan prestasi gemilang, dengan menyabet peringkat ke-4 kategori  bergengsi Perguruan Tinggi  Klaster Tebaik bentuk Universitas dan Institut, pada ajang Anugerah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV, tahun 2021.

Ajang itu dilangsungkan di Hotel Aston Cirebon & Convention Center, Kota Cirebon, pada Rabu (17 Februari 2021) malam.

Penghargaannya diberikan langsung oleh Kepala LLDIKTI Wilayah IV Prof Uman Suherman.

Pada ajang itu ada 11 kategori yang diberikan oleh LLDIKTI Wilayah IV. Prof Uman mengatakan, bahwa penghargaan tersebut merupakan sebuah apresiasi dari LLDIKTI Wilayah IV, terhadap perguruan tinggi yang memiliki prestasi. Baik yang menyangkut perankingan, penelitian, sertifikasi dosen, termasuk dengan hal-hal yang berkaitan dengan kualitas yang ada.

Prof Uman Ketua LLDIKTI Wilayah IV Anugerah LLDIKTI Wilayah IV tahun 2021 Universitas Widyatama 2 1024x645 - Berkat Kerja Keras Universitas Widyatama Kembali Menyabet Penghargaan Kampus Ternama

“Kami perlu memberikan penghargaan dan akhirnya mereka punya harapan menjadi perguruan tinggi yang unggul dan menjadi rujukan bagi masyarakat di Jawa Barat,” kata Prof Uman usai kegiatan.

Agar diketahui di bawah naungan LLDIKTI Wilayah IV ada sekitar 456 perguruan tinggi.

Pada kesempatan yang sama Prof Obsatar Sinaga Rektor Universitas Widyatama (UTama) mengatakan, bahwa capaian itu merupakan salah satu bentuk kepercayaan dari masyarakat kepada UTama sebagai civitas academica dengan pengelolaan terbaik.

WhatsApp Image 2021 02 17 at 21.59.12 1024x768 - Berkat Kerja Keras Universitas Widyatama Kembali Menyabet Penghargaan Kampus Ternama
Kiri ke kanan: Djoko S. Roespinoedji, S.E., PG., DIP., Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga, S.Ip., M.Si dan Prof. Dr. Mohd. Haizam Bin Mohd. Saudi

“Alhamdulillah kami bersyukur kepada Alloh SWT, atas penghargaan ini. Menjadi motivasi kami untuk memberikan pelayanan kepada para peserta didik (mahasiswa). Termasuk mencerdaskan anak bangsa,” kata Prof Obi, biasa disapa.

Capaian itu pun tidak terlepas dari Yayasan Widyatama yang selalu bersinergi dan mendukung seluruh kegiatan serta program UTama.

“Kami juga bersyukur dan berterima kasih, karena yayasan sangat membantu pengelolaan kampus. Tidak ada miss antara Universitas Widyatama dan Yayasan Widyatama. Karena ketua kami (Djoko Roespinoedji) pernah duduk di struktur universitas,” kata Prof. Obi.

Ke depannya menurut Prof. Obi UTama bisa masuk world ranking kampus ternama, namun pihaknya akan berupaya terlebih dahulu masuk world rating.

WhatsApp Image 2021 02 18 at 08.33.15 1024x768 - Berkat Kerja Keras Universitas Widyatama Kembali Menyabet Penghargaan Kampus Ternama

Hal itu memerlukan kerja keras dan dukungan dari seluruh civitas academica UTama. Diantaranya dalam hal publikasi jurnal internasional (hasil penelitian) terindeks Scopus.

Sampai saat ini UTama sudah mempublikasikan 1300-an jurnal internasional. Tahun ini menargetkan 1500 jurnal bisa terpublikasi.

Sementara itu Djoko Roespinoedji, Ketua Yayasan Widyatama, sangat mengapresiasi capaian UTama itu.

“Kami mendapatkan apresiasi. Berkaitan dengan posisi Universitas Widyatama pada saat ini, sudah on the track. Pihak yayasan dan rektorat punya komitmen tinggi untuk meningkatkan raihan kualitas pendidikan dan juga kualitas lembaga secara keseluruhan. Baik dari sisi SDM, kurikulum, pembelajaran, fasilitas dan lainnya,” papar Djoko.

WhatsApp Image 2021 02 18 at 08.33.14 1024x768 - Berkat Kerja Keras Universitas Widyatama Kembali Menyabet Penghargaan Kampus Ternama

WhatsApp Image 2021 02 18 at 08.33.14 1 768x1024 - Berkat Kerja Keras Universitas Widyatama Kembali Menyabet Penghargaan Kampus Ternama

“Tentu semua ini bisa berjalan dengan baik kalau ada komitmen yang tinggi dalam melaksanakan kegiatan proses pendidikan di lingkungan Universitas Widyatama,” pungkasnya.

Masih di tempat yang sama, Prof. Dr. Mohd. Haizam Bin Mohd. Saudi, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Universitas Widyatama, juga bangga atas capaian UTama masuk jajaran kampus ternama.

Menurutnya UTama sedang naik daun, terlebih kampusnya berbasis riset. Mengutamakan karya ilmiah dosen dan penelitian serta PkM yang meningkat sejak dua tahun ke belakang.

Di samping itu, berbagai prestasi yang dicapai kampus yang berada di Jalan Cikutra No 204-A, merupakan hasil dari kerjasama rektorat dan yayasan Widyatama.

“Ke depan kami akan meningkatkan publikasi jurnal internasional terindeks Scopus. Di masa akan datang dosen akan diwajibkan untuk membuat karya ilmiah publikasi di internasional jurnal, sehingga pemeringkatan lebih baik di masa yang akan datang,” kata Prof. Haizam.

Berikut nama perguruan tinggi dengan peringkat Klaster Terbaik Bentuk Universitas dan Institut, Anugerah LLDIKTI, tahun 2021:

  1. Universitas Telkom
  2. Universitas Katolik Parahyangan
  3. Universitas Islam Bandung
  4. Universitas Widyatama
  5. Institut Teknologi Nasional Bandung;6. Universitas Djuanda
  6. Universitas Pasundan
  7. Universitas Presiden
  8. Universitas Komputer Indonesia
  9. Universitas Kristen Maranatha
  10. Universitas Pembangunan Jaya
  11. Universitas Pamulang.

(Sumber : majalahsora.com)

Hangatnya Suasana Coffee Morning Rektor & Ketua Yayasan Widyatama Dengan Para Awak Media
Prof Obi Rektor UTama: Untuk Kebenaran Peran Insan Pers Sangat Dibutuhkan Di Era Modern Yang Serba Digital