Universitas Widyatama: Agar Melek Pajak Pengurus BUMDes Di Kabupaten Bandung Mengikuti Pelatihan Perpajakan

Universitas Widyatama: Agar Melek Pajak Pengurus BUMDes Di Kabupaten Bandung Mengikuti Pelatihan Perpajakan

Pengurus dari sekitar 58 BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) di Kabupaten Bandung, mengikuti workshop/pelatihan perpajakan di Kampus Universitas Widyatama (UTama) Kota Bandung, Jalan Cikutra No. 204 A.

Selama dua hari (7-8 November 2019) mereka mengikuti kegiatan yang dihelat oleh Fakultas Ekonomi Widyatama, bekerjasama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jabar I dan Pemerintah Kabupaten Bandung (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa).

Hal itu untuk memberikan pengetahuan, agar para pengurus BUMDes melek dan paham mengenai perpajakan.

Prof. H. Obsatar Sinaga Rektor Universitas Widyatama yang membuka kegiatan itu, kepada awak media mengatakan, bahwa pelatihan perpajakan itu merupakan salah satu cara penetrasi wawasan kepada masyarakat.

Bumdes2 1024x680 - Universitas Widyatama: Agar Melek Pajak Pengurus BUMDes Di Kabupaten Bandung Mengikuti Pelatihan Perpajakan

“Kami ingin masyarakat paham bahwa membayar pajak itu wajib hukumnya,” kata Prof Obi, sapaan akrabnya, Kamis (7/11/2019).

“Cuma pada hari ini fokus dan diarahkan untuk BUMdes supaya BUMDes ke depannya tidak terkena masalah dengan kewajiban membayar pajak,” imbuhnya.

Lebih lanjut kata Prof Obi, dengan pelatihan itu mereka menjadi tahu, ternyata ada kewajiban BUMDes yang harus dibayarkan ke negara.

“Mereka sengaja kita undang. Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat Universitas Widyatama, bekerjasama dengan DJP Kanwil Jabar I dan Pemkab Bandung,” terangnya.

Bumdes3 1024x681 - Universitas Widyatama: Agar Melek Pajak Pengurus BUMDes Di Kabupaten Bandung Mengikuti Pelatihan Perpajakan

Perlu diketahui kini banyak BUMDes yang menerima bantuan dana segar dari negara dan hal itu ada pajaknya.

Apabila masyarakat sudah sadar membayar pajak berarti ada tambahan penghasilan untuk negara.

“Kita secara sadar ingin agar negara ini maju. Kalau kita nggak sadar bayar pajak dari mana membangunnya,” papar Prof Obi.

Pada kesempatan yang sama Oki Rusdiar Kasmir Putra, Kepala Seksi Bimbingan Penyuluhan dan Pengelolaan Dokumen Kanwil DJP Wilayah Jabar I, menjelaskan bahwa banyak BUMDes yang belum memiliki NPWP, belum tahu cara lapor, menghitung dan membayar pajak.

Bumdes4 1024x670 - Universitas Widyatama: Agar Melek Pajak Pengurus BUMDes Di Kabupaten Bandung Mengikuti Pelatihan Perpajakan

Untuk itu diharapkan dengan pelatihan pajak ini para pengurus BUMDes di Kabupaten Bandung khususnya, bisa paham dan tahu dalam menjalankan kewajiban pajaknya.

“Mereka selama ini tidak membayar pajak karena ketidak tahuan mereka, harus menjalankan perpajakannya seperti apa menyetor pajak seperti apa dan lainnya,” kata Oki.

Saat ditanya awak media kenapa diadakan di Universitas Widyatama, dirinya menjelaskan bahwa pihaknya bekerjasama dengan berbagai kampus yang memiliki tax center, termasuk Widyatama.

Di samping itu Universitas Widyatama telah memiliki program untuk mengedukasi BUMDes dalam pelatihan perpajakan.

Dengan cara itu diharapakan akan terselamatkan uang negara dengan nilai triliunan rupiah di wilayah Kanwil BJP Jabar I, salah satunya dari sektor pajak BUMDes.

 

Universitas Widyatama Dipercaya BNSP Kementerian Tenaga Kerja RI
Kunjungan penjajakan kerjasama dari Deputy Director International Education Institute University of St Andrews, United Kingdom dengan program studi Bahasa Inggris, Universitas Widyatama