Tujuh Negara Akan Mengikuti Konferensi Internasional UTama, Kampus Berbasis Riset & Inovasi

Tujuh Negara Akan Mengikuti Konferensi Internasional UTama, Kampus Berbasis Riset & Inovasi

Universitas Widyatama (UTama) yang dipimpin oleh Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga, M.Si., kembali akan menggelar kegiatan The 3rd Widyatama International Conference on Business, Economics, Social, and Technology (WIBEST 2021). Dilangsungkan secara virtual pada tanggal, 18 November 2021.

Konferensi internasional kali ketiga itu, diselenggarakan oleh Pascasarjana UTama.

Rencananya pesertanya datang dari perguruan tinggi di tujuh negara, yakni Malaysia, Singapura, Jepang, Belanda, Amerika Serikat termasuk Indonesia.

Prof. Dr. Mohd. Haizam Bin Mohd. Saudi, Wakil Rektor III UTama Bidang Riset dan Kerjasama menjelaskan bahwa kegiatan WIBEST 2021 fokus terhadap penelitian yang konfrehensif dari para dosen yang turut serta, berkolaborasi dengan para dosen dari UTama. Artikel jurnalnya akan dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi tinggi, terindeks Scopus Q3.

Pascasarjana Universitas Widyatama WIBEST 2021 - Tujuh Negara Akan Mengikuti Konferensi Internasional UTama, Kampus Berbasis Riset & Inovasi
Dr. Nurul Hermina, S.E., M.M., Conference Chairman WIBEST 2021

Hal itu menurut Prof Haizam, karena adanya perspektif penelitian dan latar belakang yang berbeda dengan beberapa negara. Kemudian digabung menjadi satu untuk menghasilkan penelitian yang bermutu. Apalagi banyak peneliti dari jenjang S-2 dan S-3.

“Tujuan Wibest III selain dari peneliti lokal juga ada masukan dari peneliti negara asing. Di mana kita akan melihat apakah dua bentuk peneliti dari negara asing, bisa membuat kolaborasi dengan mereka menghasilkan bentuk penelitian dengan input yang lebih baik begitu juga output,” kata Prof Haizam, Warek yang berasal dari “Negeri Jiran” Malaysia, di ruang kerjanya, Kamis (11/11/2021).
“Kalau jenjang S-3 memberikan suatu tesis, tesis sendiri akan dibahas pemeriksa. Akan disoalkan kebijakan nya apa. Sehingga Wibest III, outputnya menghasilkan kebijakan yang bisa digunakan oleh masyarakat. Juga menghasilkan suatu produk inovasi yang bisa dijual atau digunakan masyarakat,” kata Prof Haizam, selaku Conference Co. Advisor, WIBEST 2021.

Masih kata Prof Haizam, WIBEST 2021 juga mendorong penelitian dan proyek antara institusi akademik dan industri dalam rangka mengisi gap di bidang bisnis, ekonomi, ilmu sosial, dan teknologi. Termasuk membangun jejaring serta hubungan antara akademisi, praktisi, pejabat pemerintah, dan masyarakat. Untuk berkontribusi pada revolusi baru dengan pemikiran modern serta menjunjung tinggi nilai-nilai budaya yang layak.

WIBEST 2021 Universitas Widyatama - Tujuh Negara Akan Mengikuti Konferensi Internasional UTama, Kampus Berbasis Riset & Inovasi
Dr. Dede Hertina, S.E., M.Si., Secretariat Committe WIBEST 2021

Dr. Nurul Hermina, S.E., M.M., Conference Chairman WIBEST 2021, menambahkan, bahwa kegiatan itu menjadi wadah bagi para profesional, akademisi, peneliti, dan praktisi untuk berbagi pandangan tentang perkembangan bisnis, ilmu sosial, dan teknologi pada masa pandemi COVID-19 ini.

“Program Pascasarjana Universitas Widyatama bangga bisa menyelenggarakan WIBEST 2021. Diharapkan dapat mengembangkan pemikiran dan mentalitas masyarakat dari berbagai bidang, baik melalui pendekatan teoritis maupun aplikatif,” kata Nurul.
“Ini juga untuk menyediakan platform bagi akademisi dan praktisi untuk berbagi pandangan dan merangsang masyarakat bisnis dengan paradigma global dan pemanfaatan lokal,” imbuh Nurul.

Di samping itu memberikan kesempatan kepada industri dan pembuat kebijakan untuk memperoleh umpan balik dari ide-ide penelitian serta temuan dalam rangka mengembangkan kurikulum bisnis.

Diketahui pada WIBEST 2021 akan menghadirkan dua pembicara utama, yakni Dr. Ir. Indra Utoyo, M.Sc., Managing Director Digital, IT, and Operation Bank Rakyat Indonesia (BRI) serta Prof. Dr. Nunuy Nur Afiah, S.E., M.Si., Ak., CA., Dean of Faculty of Economics and Business Universitas Padjadjaran.

Untuk info dan pendaftaran WIBEST 2021 bisa klik, di https://wibest.widyatama.ac.id/.

(Sumber: majalahsora.com)

DKV & Multimedia UTama Harumkan Nama Indonesia Pada Ajang Internasional
Portal MBKM UTama, Laman Berbagi Kegiatan Merdeka Belajar