Terdepan dan Terutama Terapkan MB-KM Universitas Widyatama Siap Menjadi Kampus Model Penerapan Kampus Merdeka

Terdepan dan Terutama Terapkan MB-KM Universitas Widyatama Siap Menjadi Kampus Model Penerapan Kampus Merdeka

Baru-baru ini Universitas Widyatama (UTama) diminta oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Jawa Barat (Jabar) & Banten untuk menjadi kampus model yang telah menyelenggarakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MB-KM) di wilayah Jabar.

Sejak tahun akademik 2020/2021 kampus yang dipimpin oleh Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga, M.Si., menjadi salah satu kampus terdepan yang telah mengimplementasikan program tersebut bagi program studi (Prodi) dan mahasiswanya.

Prof. Dr. H. Dadang Suganda, M.Hum, Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kemahasiswaan UTama, mengutarakan hal tersebut.

“MB-KM di Universitas Widyatama mulai digulirkan di tahun akademik 2020/2021, setelah saya masuk pada bulan Mei 2020. Kala itu saya merencanakan implementasi MB-KM di Universitas Widyatama. Pertama menjelaskan apa filosofi dan konsep MB-KM itu sendiri,” kata Prof. Dadang, Senin (30/8/2021).
“Kedua bagaimana menyiasati implementasi MB-KM. Di mana pada prinsipnya MB-KM memberikan kemerdekaan kepada Prodi dan dosen untuk mendesain transformasi pendidikannya,” imbuh Prof. Dadang.

Di samping itu adanya relaksasi kurikulum. Selama lima semester (1-5) melakukan distribusi mata kuliah Prodi dengan kompetensi inti.

Sedangkan selama tiga semester (6,7 dan 8) memberikan kompetensi tambahan. Baik yang sifatnya linear, beririsan, maupun tidak ada sama sekali hubungannya dengan kompetensi pada Prodi nya.

“Oleh sebab itu saya berikan pengertian kepada Prodi, dosen terutama kepada para dekan. Setelah itu hasilnya nya setiap Prodi diminta membuat implementasi dan bagaimana caranya mengimplementasikan MB-KM,” kata Prof. Dadang.
“Saya pun tercengang ketika melihat penyelenggaraan Festival MB-KM yang digagas oleh Pak Rozahi, Dekan Fakultas Teknik. Ternyata para mahasiswa lebih agresif mengimplementasikan MB-KM. Intinya mereka sudah menciptakan produk-produk MB-KM bagi yang magang, mengajar, riset kewirausahaan serta pertukaran pelajar,” imbuhnya.
WhatsApp Image 2021 08 30 at 13.33.12 1 1024x768 - Terdepan dan Terutama Terapkan MB-KM Universitas Widyatama Siap Menjadi Kampus Model Penerapan Kampus Merdeka
Dr. M. Rozahi Istambul, S.Kom., M.T., Dekan Fakultas Teknik

Festival MB-KM UTama dilangsungkan pada hari Kamis (25/8/2021) secara virtual.

Kata Prof. Dadang para mahasiswa UTama juga lebih dinamis serta belajar mandiri bagaimana program MB-KM diimplementasikan. Apalagi UTama banyak yang mendapatkan dana hibah Dikti.

Terkait dengan penyelenggaraan Festival MB-KM UTama, dari sekitar 18 Prodi jenjang D3 dan S-1, ada 12 Prodi yang turut serta, diminta untuk mempresentasikan produknya.

Di antaranya ada yang membuat produk riset, kewirausahaan, membuat desain bagaimana implementasi di Prodi.

“Saya sengaja tidak membuat aturan-aturannya. Tetapi diberi kemerdekaan untuk menciptakan sendiri. Tujuannya untuk melihat potret dan MB-KM di UTama seperti apa. Dilihat dari hasil penelitian dan perkembangan yang terjadi di lapangan, sehingga saya punya gambaran. Kemudian dibuat level 1,2 dan 3. Maksud saya ada pemahaman yang sudah level 3 (paham betul) ataupun yang sifatnya baru level permukaan (level 1),” kata Prof. Dadang.

Dirinya pun akan memberikan terapi khusus di setiap level. Tujuannya di semester yang akan datang pihaknya akan menerapkan MB-KM secara penuh.

“Yang hibrid nanti di semester 1 sampai dengan 5 mahasiswa melakukan MB-KM. Kemudian di semester 6, 7 dan 8 memilih apakah tetap melakukan MB-KM, eksisting atau konvensional,” kata Deden.

Melihat perkembangan dan pengamatan dirinya, ternyata UTama sudah siap dengan implementasi MB-KM. Oleh LLDIKTI, diminta dokumentasi yang lengkap mengenai MB-KM.

Di samping itu mulai tahun akademik 2021/2022, UTama juga siap menerapkan MB-KM, secara murni.

Festival MB-KM UTama Terdepan & Terutama 

Pelaksanaan Festival MB-KM Pertama dan Terdepan Universitas Widyatama bisa jadi merupakan perguruan tinggi swasta di Jawa Barat yang pertama kali mengadakannya. Hal itu dikatakan oleh Dr. M. Rozahi Istambul, S.Kom., M.T.. Dekan Fakultas Teknik, juga sebagai Ketua Pelaksana.

WhatsApp Image 2021 08 30 at 13.33.13 792x1024 - Terdepan dan Terutama Terapkan MB-KM Universitas Widyatama Siap Menjadi Kampus Model Penerapan Kampus Merdeka

Festival tersebut merupakan ajang yang menyajikan semua hasil karya dari mahasiswa, dosen dan program studi di kampus UTama. Terkait sejauh mana mereka mengimplementasikan kebijakan dari pemerintah.

“Tujuannya supaya kami bisa melihat begitu banyak, yang dilakukan oleh mahasiswa dan Prodi. Karena sekarang sudah mulai berubah cara pandang di dalam melakukan proses pembelajaran. Yaitu memberikan kebebasan kepada mahasiswa, Prodi dan dosen dalam mengoptimalkan kapasitas dan kompetensinya sesuai dengan perkembangan di era sekarang dengan konsep digital,” kata Rozahi, yang juga sebagai Duta Kampus Merdeka dari Dikti, Senin (30/8/2021).

Sedikitnya ada 70 peserta yang berpartisipasi dalam Festival MB-KM pertama yang diadakan oleh UTama.

“Apa yang disajikan betul-betul di luar prediksi kami. Ternyata begitu banyak yang dilakukan oleh mahasiswa juga dosen kami, melakukan suatu peningkatan kapasitas atau kompetensinya terkait dengan hard skill dan soft skill,” imbuhya.

Pada ajang itu ada lima kategori yang dilombakan yaitu untuk tingkat program studi, dosen yang hanya mengusulkan ide terkait MB-KM, dosen yang sudah melaksanakan dalam mengimplementasikan MB-KM, mahasiswa yang mengusulkan ide serta mahasiswa yang sudah melaksanakan kegiatan MB-KM.

Masing-masing kategori ditampilkan dalam bentuk video dengan durasi yang berbeda-beda lalu di upload di YouTube, sehingga seluruh aktivitas MB-KM di UTama, bisa diakses khalayak umum.

Kata Rozahi kemungkinan belum semua berpartisipasi karena belum mempunyai usulan sementara, ataupun belum melaksanakannya.

Namun pihaknya cukup bangga karena sudah ada yang melakukannya. MB-KM di UTama sendiri kata Rozahi baru berjalan satu setengah tahun.

“Insya Allah kita terdepan dalam melakukan kegiatan-kegiatan terkait dengan MB-KM,” kata Rozahi.
WhatsApp Image 2021 08 30 at 13.33.11 1024x719 - Terdepan dan Terutama Terapkan MB-KM Universitas Widyatama Siap Menjadi Kampus Model Penerapan Kampus Merdeka
Wandhi Irwansyah Zakaria

Sementara itu Wandhi Irwansyah Zakaria, dari mahasiswa semester VII, Prodi Sistem Informasi, Fakultas Teknik jadi juara pertama Festival MB-KM kategori mahasiswa yang sudah melakukan kegiatan MB-KM .

Kata Wandhi pengalaman magang pada program MBKM bersertifikat bertujuan memberikan kesempatan pada mahasiswa memperoleh ilmu di luar aktivitas perkuliahan. Di samping itu juga bisa mengimplementasikan ilmu yang sudah diperoleh saat perkuliahan.

Menurutnya hal itu memudahkan mahasiswa untuk mendapat keahlian yang tidak diperoleh di kampus, seperti soft skill dan hard skill.

“Seperi belajar berkomunikasi dengan atasan dan bawahan bagaimana, kondisi dan tekanan di dunia kerja sesungguhnya juga jadi tahu,” kata Wandhi yang magang di perusahaan ekspedisi Si Cepat, Senin (30/8/2021).

Selama lima bulan dirinya magang di bagian IT mobile developer Si Cepat, membuat projek aplikasi “rebuild picup”, yaitu aplikasi untuk kurir ngambil paket dari gerai ke gerai.

Wandhi mengutarakan bahwa program MB-KM sangat cocok diaplikasikan untuk mahasiswa di era sekarang, termasuk dirinya. Karena lebih memudahkan dalam perkuliahan dan menambah keilmuan di dunia kerja sesungguhnya.

Berikut link video Wandhi mengenai pelaksanaan MB-KM yang diikutsertakan dalam lomba, https://youtu.be/mQ1qSa98dh0.

Pada ajang itu Fakultas Teknik, Universitas Widyatama, berhasil keluar sebagai juara umum.

(Sumber: majalahsora.com)

Soroti Masalah Pemahaman Bahasa dan Digital Marketing Pelaku UMKM Di Lembang Universitas Widyatama Hadir Lakukan PKM
IKA UTama Menggelar Vaksinasi Masal Berharap Roda Ekonomi Kembali Normal