Ranking Universitas Widyatama Melonjak Menjadi Kebanggaan Prof. Uman Kepala LLDIKTI Wilayah IV

Ranking Universitas Widyatama Melonjak Menjadi Kebanggaan Prof. Uman Kepala LLDIKTI Wilayah IV

Universitas Widyatama (UTama) Kota Bandung, pada tahun 2020 ini, berhasil  menduduki ranking ke-57 perguruan tinggi terbaik se-Indonesia versi Kemenristekdikti (pengumuman, Selasa 18 Agustus 2020). Tahun sebelumnya berada pada posisi 95.

 

Variabel penilaiannya dilihat dari input, output proses, dan outcome. Dimana variabel penilaian itu agak berubah sedikit dengan tahun lalu yang meliputi penilaian SDM, publikasi, kemahasiswaan inovasi serta kelembagaan.

 

Raihan ranking UTama tahun ini pun melampaui target Djoko S. Roespinoedji, S.E., PG., DIP. Ketua Yayasan Widyatama, yaitu ranking 60.

 

Selama UTama dipimpin oleh Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga, S. IP., M. Si. Peringkat kampus yang berada di Jalan Cikutra 204-A itu, terus memperlihatkan lonjakan yang cukup signifikan dari ranking 225 (tahun 2018).

 

Ada beberapa strategi yang dilakukan oleh Prof. H. Obi sapaan akrab Rektor UTama (menjabat Rektor UTama sejak tanggal, 17 Agustus 2019) dan jajarannya dalam meraih capaian itu. Salah satunya dengan meningkatkan  jumlah publikasi jurnal internasional terindek Scopus para dosennya.

 

Tercatat ada sekitar 276 dosen UTama dan 916 artikel yang dibuplikasikan di jurnal internasional.

 

Dalam penulisan jurnal terindek Scopus, dosen Universitas Widyatama berkolaborasi dengan para dosen dari kampus mancanegara, yang telah menjalin MoU.

 

Di antaranya dengan Universitas Putra Malaysia, University Malaya of Wales, San Francisco State University (Amerika Serikat), University of Oxford (Inggris), National University of Singapore dan lainnya.

 

Di samping itu UTama juga, membantu dan mengajak kerjasama banyak kampus yang ada di bawah naungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI)  Wilayah IV dan lainnya, khususnya dalam menerbitkan jurnal internasional para dosen. Di antaranya dengan Universitas Esa Unggul, Universitas Buana Perjuangan Karawang, dan banyak lagi.

 

Atas capaian Universitas Widyatama itu, Prof. Dr. Uman Suherman, AS., M.Pd. Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jabar & Banten, mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Prof. H. Obi dan seluruh civitas akademika Universitas Widyatama, yang terus berupaya untuk meningkatkan harga diri bukan hanya urusan ranking semata.

 

“Dengan cara seperti itu, saya mengucapkan selamat atas upaya dan keberhasilan Universitas Widyatama yang mampu menembus dan meningkatkan visi Widyatama satu tahun sebelumnya,” kata Prof. Uman, Rabu (19/8/2020).

 

“Kini Universitas Widyatama menjadi kebanggaan saya sebagai Kepala LLDIKTI Wilayah IV. Karena prestasi Widyatama diraih bukan semata memikirkan kemajuan Widyatama sendiri tetapi juga mengajak kampus lainnya. Senantiasa memberikan bantuan dan dukungan untuk perguruan tinggi yang lain. Yang pada akhirnya Widyatama bisa meningkat prestasinya,” imbuhnya.

 

Ia pun menegaskan, agar Universitas Widyatama tidak cukup puas dengan apa yang dicapai sekarang ini. Karena Widyatama memiliki potensi untuk lebih meningkat.

 

“Kami pun bersyukur apa yang didapatkan oleh Widyatama pada hari ini juga atas kehendak Allah SWT, karena saya tahu orang-orang di Widyatama itu orangnya religius,” pungkasnya.

UTama Ranking 57, Djoko Roespinoedji Ketua Yayasan Widyatama: Itu Angka Istimewa
Universitas Widyatama Pecahkan Rekor Dunia Mengadakan Bursa Kerja Daring