Prodi Teknik Industri Universitas Widyatama Mengedukasi & Membantu Masyarakat Kelurahan Binong Jati Dalam Menerapkan K-3

Prodi Teknik Industri Universitas Widyatama Mengedukasi & Membantu Masyarakat Kelurahan Binong Jati Dalam Menerapkan K-3

Sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, Universitas Widyatama (UTama) Bandung yang dipimpin oleh Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga, S.IP., M.Si., selalu berupaya untuk menjadikan kampusnya sebagai solusi memecahkan persoalan yang sedang dihadapi masyarakat. Tidak terkecuali pada masa pandemi COVID-19 ini.

UTama (ranking 57 perguruan terbaik di Indonesia), bergerak cepat membantu pemerintah dalam meringankan beban masyarakat. Di antaranya melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) yang diselenggarakan oleh beberapa fakultas, program studi, dan para dosennya.

Di antaranya Prodi Teknik Industri Universitas Widyatama yang menyelenggarakan kegiatan PkM di Kelurahan Binong Jati, Kota Bandung.

Kegiatannya sendiri telah dilangsungkan pertengahan bulan Mei 2020. Dikemas dalam bentuk penyuluhan dengan mengambil tema “Pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Guna Pencegahan Terpaparnya COVID -19”.

Di samping itu, juga memberikan bantuan berupa pemberian masker sebanyak 360 buah dan poster tentang cara penggunaan masker serta cuci tangan memakai sabun, 300 lembar.

WhatsApp Image 2020 09 07 at 12.05.31 - Prodi Teknik Industri Universitas Widyatama Mengedukasi & Membantu Masyarakat Kelurahan Binong Jati Dalam Menerapkan K-3

Kegiatannya diketuai oleh Dr. Arief Rahmana, ST., MT., CIPMP., sedangkan anggotanya dosen Prodi Teknik Industri UTama, yaitu, Anita Juraida, ST., MT., Annisa Maharani Suyono, ST., MM., Ayu Endah Wahyuni, ST., MT., dan Rendiyatna Ferdian, ST., MT.

Arief  memaparkan bahwa tujuan kegiatan PkM tersebut, yaitu memberikan pemahaman kepada masyarakat Binong Jati yang umumnya perajin rajutan, mengenai pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang umumnya perajin rajutan, dalam menjalankan setiap aktivitas pekerjaannya, agar terhindar dan tertular virus COVID-19.

Ia bersama para dosen lainnya berharap dengan kegiatan itu, masyarakat Kelurahan Binong Jati bisa terbantu dan dapat menjalankan protokol kesehatan dan keselamatan kerja (K3) pada saat beraktivitas, terlebih di tengah pandemi.

WhatsApp Image 2020 09 07 at 12.05.32 1 1024x722 - Prodi Teknik Industri Universitas Widyatama Mengedukasi & Membantu Masyarakat Kelurahan Binong Jati Dalam Menerapkan K-3

300 lembar poster edukasi penggunaan masker dan cuci tangan menggunakan sabun dibagikan di Kelurahan Binongjati

“Insya Alloh, kegiatan seperti ini akan terus digalakan oleh Program Studi Teknik Industri Universitas Widyatama, sebagai bentuk tanggung jawab program studi terhadap masyarakat atau dikenal dengan istilah corporate social responsibility (CSR). Juga berupaya menjadi bagian solusi atas persoalan yang dihadapi masyarakat. Kami pun ucapkan terima kasih kepada para dosen, Bapak Lurah, dan masyarakat Kelurahan Binong Jati yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini dengan lancar,” ujar Arief Rahmana, Senin (7/9/2020).

Sementara itu Pepen Ruspendi, SE., MM., Lurah Kelurahan Binong Jati yang kala itu menerima langsung bantuan masker dan poster di kantornya, sangat mengapresiasi kegiatan PkM Prodi Teknik Industri UTama.

“Atas nama warga kelurahan Binong Jati, kami mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan PKM ini. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini dapat memberikan pemahaman yang menyeluruh dari warga kami tentang pentingnya K3, dalam kehidupan sehari-hari, terutama di masa pandemi COVID-19 ini,” ujar Pepen.

Lebih lanjut Pepen menuturkan bahwa masih banyak para perajin rajut yang membutuhkan bantuan, baik pengetahuan tentang kesehatan kerja maupun kebutuhan masker.

“Jadi kami sangat berharap ada kegiatan PKM seperti ini untuk ke depannya terus berlanjut,” tutup Pepen.

Atalia Istri Gubernur Jabar Jadi Dosen Universitas Widyatama, UTama Selangkah Lebih Maju Dari Universitas Lainnya
Melalui Pelatihan Dari Dosen Fakultas Ekonomi & Bisnis UTama Para UKM Dilatih Meningkatkan Peluang & Untung Di Tengah Pandemi