Berita

Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi UTama, Melakukan Pendampingan Pengembangan Perpustakaan Digital BKKBN Jabar

Dosen Program Studi (Prodi) Perpustakaan dan Sains Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Widyatama (UTama) berkolaborasi dengan Prodi Teknik Informatika melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat Kota Bandung.

Aminudin ST., M.Kom., dosen sekaligus Ketua Kluster PkM itu menjelaskan, kegiatan tersebut  telah dihelat beberapa waktu lalu, tepatnya Kamis (18/2/2022).

Diisi dengan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) yang mengusung tema “Pengembangan Perpustakaan Digital di Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Barat Jabar”.

BKKBN Provinsi Jawa Barat berada di Jalan Jl. Surapati No.122, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40122.

Aminudin ST., M.Kom., Ketua Kluster Kegiatan (kiri baris kedua)

Kegiatan FGD tersebut dilangsungkan secara daring menggunakan aplikasi zoom.

“Pesertanya terdiri dari seluruh Dosen Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi yang berjumlah lima Orang. Dari Dosen Teknik Informatika Ari Purno Wahyu, S.T., M.T., Mahasiswa Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi sebanyak lima Orang, Mahasiswa Prodi  Teknik Informatika sebanyak enam Orang dan perwakilan dari BKKBN Provinsi Jawa Barat yaitu Theresia Valentina A.M.G, S.T.,” kata Aminudin, Jum’at (18/3/2022).

Dalam FGD tersebut membahas tentang hasil analisis kebutuhan perpustakaan digital di perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat serta menetapkan waktu dan teknis pelaksanaan pengembangannya.

Pengerjaan pengembangan perpustakaan digital tersebut akan dilaksanakan pada saat mahasiswa mengambil program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di semester genap, awal bulan Maret 2022. Dikerjakan oleh Mahasiswa Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi serta Mahasiswa Prodi Teknik Informatika.

Peserta FGD

Lebih lanjut Aminudin menjelaskan, tujuan diadakannya kegiatan itu, untuk memberikan pendampingan pengembangan perpustakaan digital di perwakilan BKKBN Jabar.

Di samping itu sebagai upaya meningkatkan kompetensi mahasiswa UTama di kehidupan nyata.

Dalam pengembangan perpustakaan digital tersebut, nantinya para mahasiswa itu, tidak dilepas begitu saja namun akan dibimbing oleh Kepala Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi, Diah Sri Rejeki, S.Sos, M.I.Kom serta pembimbing dari Prodi Teknik Informatika, Ari Purno Wahyu, S.T., M.T.

Dalam kegiatan FGD, Theresia Valentina selaku perwakilan dari perpustakaan digital BKKBN Jabar berharap pengembangan fitur-fitur perpustakaan digital dapat segera terlaksana, sekaligus diimplementasikan. Sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas yang menjadi member perpustakaan digital BKKBN Jabar.

(Sumber: majalahsora.com)

Kegiatan Kunjungan Industri Dosen Magister Manajemen Universitas Widyatama
Tingkatkan Profesionalisme, Dosen FISIP Universitas Widyatama Disiapkan Membuat Buku Ajar Terindeks ISBN
Humas Widyatama

Share
Published by
Humas Widyatama

Recent Posts

Perkuliahan Tatap Muka Telah Dimulai, Biro Kemahasiswaan, LP2M dan IKA Universitas Widyatama Menggelar Vaksin Masal

Biro Kemahasiswaan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Widyatama dan dibantu dengan Ikatan Alumni…

3 hari ago

Universitas Widyatama Sukses Lakukan PkM Integratif Bersama Kemenko PMK dan Dekranasda Jabar

SABACIREBON – Universitas Widyatama, Kamis (16/09) sukses menyelenggarakan program kegiatan integratif kolaborasi bersama Kemenko PMK…

2 minggu ago

PkM Integratif Universitas Widyatama Kerjasama dengan Kemenko PKM dan Dekranasda Jabar

SABAKOTA.ID -- Program Kemenko PKM RI tentang Revolusi Mental melalui Penanaman 10 Juta Pohon di…

2 minggu ago

Ribuan Calon Mahasiswa Universitas Widyatama Peroleh Pencerahan Soal Kekerasan Seksual dan Radikalisme

SABACIREBON – Ribuan calon mahasiswa baru Universitas Widyatama Bandung, Jumat (26/08) mendapatkan pencerahan perihal kekerasan…

1 bulan ago

Atalia Praratya Kamil Bicara Karakter dan Soft Skill di hadapan Peserta PPU Universitas Widyatama

SABACIREBON – Membangun karaklter dan soft skill yang kuat menjadi dua hal penting yang perlu…

1 bulan ago

1.592 Calon Mahasiswa Universitas Widyatama Peroleh Paparan Stunting dari Ketua Bappeda Jabar

SABAKOTA.ID – Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menargetkan penurunan penderita stunting atau kondisi gagal tumbuh…

1 bulan ago