Pertukaran Pelajar Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris UTama Dengan Fakultas Sastra & Ilmu Pendidikan Universitas Teknokrat Indonesia Implementasi Program MBKM

Pertukaran Pelajar Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris UTama Dengan Fakultas Sastra & Ilmu Pendidikan Universitas Teknokrat Indonesia Implementasi Program MBKM

Program Studi (Prodi) Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa, Universitas Widayatama (UTama)
mengimplemantasikan program Kampus Merdeka Merdeka Belajar (MBKM), melalui kegiatan pertukaran pelajar dengan Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan, Universitas Teknokrat Indonesia, Bandar Lampung, secara virtual, Jum’at (17/9/2021).

Dr. Ervina M. Simatupang, S.S., M.Hum., Kepala Prodi (Ka Prodi) Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa, UTama, mengatakan acara tersebut merupakan penyerahan secara simbolis mahasiswa dari kedua kampus.

“Kami yang akan transfer kredit sebanyak 30 mahasiswa kami. Sedangkan 30 mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia melakukan perkuliahan di kami. Sampai saat ini sudah dilakukan tiga kali pertemuan secara virtual,” kata Ervina, Senin (20/9/2021).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa program pertukaran pelajar itu merupakan yang pertama kali diselenggarakan oleh Prodi Bahasa Inggris, UTama.

“Mungkin setelah kerjasama dengan Universitas Teknokrat Indonesia, kami akan mengimplementasikan kerjasama dengan kampus di mancanegara,” kata Ervina.

Pertukaran Pelajar MBKM Universitas Widyatama Universitas Teknokrat Indonesia 4 1024x576 - Pertukaran Pelajar Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris UTama Dengan Fakultas Sastra & Ilmu Pendidikan Universitas Teknokrat Indonesia Implementasi Program MBKM

Masih kata Ervina, kampus UTama yang memiliki tagline “Friendly Campus for Business Pro”, memiliki dosen yang ramah ketika mengajar, sehingga akan lebih mengasyikkan perkuliahannya.

Adapun mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan, Universitas Teknokrat Indonesia yaitu English for Advertisement dan English for News Reporting.

“Walaupun Prodi Bahasa Inggris, kurikulumnya disesuaikan dengan kurikulum kami ada nuansa bisnisnya. Kamil membekali mahasiswa yang tertarik dengan bisnis,” kata Ervina.
“Kami juga memiliki media yaitu UTama TV kampus. Kalau jarak kampusnya dekat mahasiswa Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan, Universitas Teknokrat Indonesia, bisa langsung praktek. Mungkin nanti kalau sudah tidak PPKM bisa berkunjung ke Widyatama,” imbuhya.

Pertukaran Pelajar MBKM Universitas Widyatama Universitas Teknokrat Indonesia 5 1 1024x576 - Pertukaran Pelajar Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris UTama Dengan Fakultas Sastra & Ilmu Pendidikan Universitas Teknokrat Indonesia Implementasi Program MBKM

Sedangkan Mahasiswa UTama melaksanakan transfer kredit mengambil mata kuliah pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) dan Perfilman, karena di Program Studi Bahasa Inggris tidak ada mata kuliah tersebut.

Hal tersebut dilakukan untuk mengenal budaya pembelajaran di kampus yang berbeda. Tetapi pada intinya setiap kampus membekali para mahasiswa agar lulusannya mudah diserap di dunia kerja.

“Keilmuan, program BIPA sesuatu yang penting apalagi di era globalisasi. Kebutuhan Bahasa Indonesia sudah sangat diminati oleh banyak negara. Bahkan mengirimkan guru untuk bekerja di luar negeri. Makanya ketika lulus nanti mereka akan memiliki nilai tambah,” kata Ervina.

Di samping itu ada juga 40 mahasiswa Prodi Bahasa Inggris, UTama yang melakukan magang, mengajar di Madrasah Istiqomah Jatinangor, Kabupaten Sumedang, customer servis di Hotel Pullman, Kota Bandung, dan banyak perusahaan dan instansi lainnya dalam mengimplementasikan program MBKM.

Tujuannya di antaranya untuk membuka wawasan, termasuk memiliki kesempatan dalam mengaplikasikan semua ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah dan mempelajari tentang seluk beluk standar dunia kerja profesional. Pengalaman tersebut juga akan menjadi bekal bagi mahasiswa dalam menjalani jenjang karir yang sesungguhnya.

“Jadi mahasiswa di era sekarang tidak diukur dari nilai akademik saja tetapi soft skillsnya juga. Bagaimana mahasiswa mengahadapi murid yang bermain hp pas belajar, bagaimana mahasiswa menangani komplain dari customer, apakah marah atau menggunakan cara lain. Jadi dilatih berfikir lebih kreatif, out of the box mampu mengatasi permasalahan (solving problem),” kata Ervina.

Dirinya juga berharap dengan pelaksaan students exchange dan magang dapat berjalan dengan lancar. Bisa berjalannya kegiatan tersebut juga diakui Ervina, tidak terlepas dari sokongan Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga, M.Si., Rektor UTama.

Sementara itu Dekan Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Teknokrat, Akhyar Rido, S.S., M.A., PhD., serta Kepala Program Studi Sastra Inggris Suprayogi, M.Hum, menyambut baik kegiatan tersebut, karena memberikan peluang kepada mahsiswa untuk menambah wawasan.

Kata Rido, program itu sangat bagus karena mahasiswa bisa mengambil mata kuliah yang tidak ada di Prodi Bahasa Inggris dan kegiatan ini memberikan nilai tambah bagi mahasiswa.

Sedangkan Duta kampus MBKM UTama Dr. Rozahi Istambul, mengungkapkan kegiatan ini sangat bagus.

“Artinya kami bisa mengimplementasikan program pemerintah dan memberikan peluang kepada mahasiswa untuk praktek langsung ke lapangan,” kata Rozahi.

(Sumber: majalahsora.com)

Bantu Komersialisasi Produk UKM Ke Malaysia Lima Fakultas UTama Kerjasama Dengan Kecamatan Parongpong KBB
Prodi Bahasa Jepang UTama Gelar Webinar “Kiat Sukses JLPT N5” Bagi Siswa SMAN 14 Kota Bandung