Makin Dianggap Penting, Ajang Internasional, WICAN 3rd Diikuti 533 Peserta

Makin Dianggap Penting, Ajang Internasional, WICAN 3rd Diikuti 533 Peserta

Ajang Widyatama International Innovation & Competition Academic (WICAN) 3rd, yang dihelat dalam jaringan atau secara virtual dari tanggal 15-16 Desember 2021, semakin meningkat pesertanya.

Tahun ini diikuti oleh sekitar 533 peserta dari perguruan tinggi di tanah air dan mancanegara. Tahun lalu diikuti sekitar 300-an peserta.

Pada kegiatan ini ada ajang kompetisi dan pameran, atau sekitar 22 mata lomba, diadakan oleh program studi yang ada di UTama.

WhatsApp Image 2021 12 15 at 1.38.43 PM 1 1024x768 - Makin Dianggap Penting, Ajang Internasional, WICAN 3rd Diikuti 533 Peserta
Prof. Dr. Mohd Haizam bin Mohd Saudi, Wakil Rektor III UTama, Bidang Riset Pengembangan dan Kerjasama
“Ajang kompetisi WICAN, sangat dibutuhkan oleh para peserta. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan dalam kompetensi. Berikutnya untuk pengisian portofolio kampusnya, untuk laporan bagi kepentingan peningkatan akademik,” kata Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga, M.Si., Rektor UTama, usai membuka kegiatan WICAN 3 rd, di ruang rapat Rektorat, Lantai II, Jalan Cikutra No 204-A.
“Adapun lomba yang dihelat oleh Widyatama yaitu mengenai lomba kreativitas, inovasi dan lainnya,” imbuh Prof Obi, sapaannya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa temuan baru yang dilakukan oleh peserta mahasiswa, kemudian ditampilkan hasilnya. Akan berkompetisi dengan peserta lainnya. Sedangkan untuk penilaiannya, dilakukan oleh juri dari dalam Negeri dan luar negeri.

Salah satu penilaiannya, yakni dilihat benefitnya untuk masyarakat. Temuan itu seberapa besar manfaatnya untuk masyarakat.

WhatsApp Image 2021 12 15 at 1.38.44 PM 1024x768 - Makin Dianggap Penting, Ajang Internasional, WICAN 3rd Diikuti 533 Peserta
Dr. M. Rozahi Istambul, S.Kom., M.T., Dekan Fakultas Teknik, Ketua Pelaksana WICAN 3rd
“Para peserta yang ikut lomba akan mendapat sertifikat. Apalagi untuk pemenang selain sertifikat ada juga medali/piala dan penghargaan lainnya,” kata Prof Obi.

Dirinya juga mengatakan bahwa UTama yang merupakan kampus swasta no 1 di Kota Bandung versi Webometrics, memiliki tanggung jawab sosial, mengadakan lomba bertaraf internasional. Tujuannya merangsang para mahasiswa dalam negeri, terbiasa berkompetisi di ajang internasional.

Masih kata Prof Obi, kampus yang dipimpinnya juga sudah masuk university rating.

“Nanti setelah university rating baru masuk world ranking university, itu salah satu syaratnya,” kata Prof Obi.
WhatsApp Image 2021 12 15 at 1.38.43 PM 1024x768 - Makin Dianggap Penting, Ajang Internasional, WICAN 3rd Diikuti 533 Peserta
DR. Ratna Komala Putri, S.E., M.Si. Kepala LP2M dan Dr. Soni A. Nulhaqim, S.Sos., M.Si., Dekan FISIP

Saat disinggung mengenai UTama, apakah sudah go internasional, dirinya memaparkan bahwa UTama dari sejak lama sudah go internasional. Tidak sedikit mahasiswa dari mancanegara yang berkuliah, seperti dari Turki, Tajikistan, Kamboja, Malaysia dan Timor Leste.

Apalagi UTama sudah menguasai bahkan memegang otoritas publikasi jurnal internasional di Eropa dan Amerika Serikat.

Sementara itu Prof. Dr. Mohd Haizam bin Mohd Saudi, Wakil Rektor III UTama Bidang Riset, Pengembangan dan Kerjasama, menambahkan bahwa UTama setiap tahun mengadakan WICAN.

“Tahun ini ada peserta dari sembilan negara, yakni Malaysia, Taiwan, Kamboja, Australia, Myanmar, Pakistan, Jepang, Filipina, dan Belanda,” kata Prof Haizam.
WhatsApp Image 2021 12 15 at 1.39.22 PM 1024x768 - Makin Dianggap Penting, Ajang Internasional, WICAN 3rd Diikuti 533 Peserta
Dr. Ervina CM Simatupang, M.Hum., Ketua Prodi Bahasa Inggris UTama, MC kegiatan WICAN 3rd
“Sedangkan dari dalam negeri sebanyak 65 perguruan tinggi dari Provinsi Sumatera, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sulawesi,” imbuhnya.

Adapun penilaiannya, selain oleh juri dalam negeri juga dari mancanegara, karena ada standar internasional yang harus dipenuhi.

Saat ditanya tahun ini pesertanya lebih meningkat, ia menjelaskan bahwa para peserta semakin percaya terhadap ajang internasional yang diadakan oleh UTama.

Diketahui WICAN sendiri merupakan kegiatan ajang kompetisi inovasi pada level internasional.

WICAN 3 rd Universitas Widyatama 1 - Makin Dianggap Penting, Ajang Internasional, WICAN 3rd Diikuti 533 Peserta
Eka Erwinsyah, S.S., dan Oliver Hasan Padmanegara, S.E., M.Sc., mc kegiatan WICAN 3rd

Adapun tema yang diusung dalam WICAN tahun 2021 yakni, “LEVERAGING INNOVATION THROUGH SCIENCE AND TECHNOLOGY  FOR BETTER QUALITY OF HUMAN LIFE”.

Mengandung makna, bahwa untuk mencapai sebuah kualitas hidup manusia yang lebih baik, diperlukan sentuhan inovasi sains dan teknologi

Berikut daftar mata lomba WICAN 3 rd tahun 2021, yakni: Japanese News Anchor,Japanese News Anchor (Highschool) Business Model Kanvas, Vertical Film Competition, Innovation Design Product Start Up Idea for Developing Entrepreneurship, Indonesian Traditional Products Going Global – Millennials’ Strategy and Action Plan, Poetry Reading, News Anchor,
Speech Contest, Data Science, Motion Graphic Competition, Infographics, Business Plan Competition, Accounting Poster Video Contest, Instagram Poster Competition, Essay Competition (individual), Essay Competition (Group), International 3 D Design Competition, Innovation Geotechnic, Scientific Article (Individual) dan Scientific Article (Group).

(Sumber: majalahsora.com)

 

“Branding Masuk Desa”, Pelatihan Dari Dosen UTama Tingkatkan Brand UMKM Di Parongpong
Profesor Pergubi Jabar Diminta Ridwan Kamil Menjadi Penasihatnya