Mahasiswa UTama, Memberikan Pelajaran Bahasa Inggris Bagi Santri Madrasah Al Istiqomah

Mahasiswa UTama, Memberikan Pelajaran Bahasa Inggris Bagi Santri Madrasah Al Istiqomah

Prodi Bahasa Inggris, Universitas Widyatama, Aplikasi Program Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Sebanyak enam mahasiswa Program Studi (Prodi) Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa, Universitas Widyatama (UTama) melaksanakan kegiatan magang. Mengajar Bahasa Inggris bagi santri Madrasah Al Istiqomah, Desa Cileles, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Hal tersebut merupakan implemantasi kurikulum program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UTama. Selama tiga bulan dari bulan September sampai bulan Desember 2021, mereka akan mengajar di madrasah tersebut.

Dr. Ervina CM Simatupang, Ketua Prodi Bahasa Inggris, UTama, mengungkapkan, pelaksanaan magang bagi mahasiswa nya, memiliki tujuan agar mereka bisa terjun langsung ke masyarakat untuk mempraktekan “classroom management”.

WhatsApp Image 2021 10 08 at 08.42.34 1 1024x768 - Mahasiswa UTama, Memberikan Pelajaran Bahasa Inggris Bagi Santri Madrasah Al Istiqomah
Dr. Hendar, Drs., M.Pd., Dekan Fakultas Bahasa (ketiga dari kanan), Dede Otang (ketiga dari kiri) beserta jajaran pengurus Madrasah Al Istiqomah
“Ini merupakan implementasi merdeka belajar kampus merdeka. Kami berharap kerjasama dengan Madrasah Al Istiqomah dapat berjalan dengan baik. Kegiatan ini juga tidak terlepas dari dukungan universitas dan pihak Madrasah Al Istiqomah,” kata Ervina, Rabu (6/10/2021).

Masih kata Ervina Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga, M.Si., Rektor Universitas Widayatama sangat mendukung kegiatan itu. Begitu juga dengan Prof. Dr. H. Dadang Suganda, M.Hum., Warek I Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Pembelajaran menyambut baik sekaligus memotori kegiatannya.

Sementara itu Milanita dan Sela mahasiswi yang turut serta pada program magang, sangat antusias bisa mengajar Bahasa Inggris di Madrasah Al Istiqomah. Dalam satu minggu mereka mengajar sebanyak dua kali.

WhatsApp Image 2021 10 08 at 08.42.34 1024x768 - Mahasiswa UTama, Memberikan Pelajaran Bahasa Inggris Bagi Santri Madrasah Al Istiqomah
Dr. Ervina CM Simatupang, Ketua Prodi Bahasa Inggris, UTama (tengah)
“Kebetulan saya mengajar santri jenjang SMP, adapun materi yang disampaikannya seperti cara menyusun kalimat dalam bahasa Inggris, diaplikasikan sesuai dengan level,” kata Milanita.

Sedangkan Sela, yang mengajar santri jenjang SD, menyampaikan materi mengenai pengenalan kata dan kalimat dalam bahasa Inggris, termasuk lewat nyanyian.

“Lebih semangat, rame diajak nyanyi. Mereka juga semangat, kebetulan saya juga suka anak kecil,” kata Sela.

WhatsApp Image 2021 10 08 at 09.03.09 1024x768 - Mahasiswa UTama, Memberikan Pelajaran Bahasa Inggris Bagi Santri Madrasah Al Istiqomah

 

Saat ditanya kenapa mereka turut serta pada program magang MBKM, mereka mengungkapkan ingin memiliki pengalaman bersosialisasi di masyarakat, terlebih dalam hal mengajar.

Sedangkan Dede Otang, Ketua Yayasan Tarbiyatul Ummah Istiqomatul Khoir yang menaungi Madrasah Al Istiqomah, sangat mengapresiasi kegiatan magang MBKM dari mahasiswa Prodi Bahasa Inggris.

“Sangat senang, karena dalam era globalisasi bahasa Inggris harus dikuasi oleh anak-anak (santri). Apalagi dengan adanya pembelajaran Bahasa Inggris ini, kerjasama dengan mahasiswa Universitas Widyatama. Kami Madrasah Al Istiqomah sangat terbantu sekali,” kata Dede.
WhatsApp Image 2021 10 08 at 08.42.35 1024x768 - Mahasiswa UTama, Memberikan Pelajaran Bahasa Inggris Bagi Santri Madrasah Al Istiqomah
Suasana belajar

Pada kegiatan itu, kata Dede ada sekitar 60 santri Madrasah Al Istiqomah jenjang SD dan SMP yang turut serta. Mereka merupakan siswa umum, pada sore hari setelah pulang sekolah, mengikuti kegiatan sekolah di madrasah.

Selama ini pembelajaran di Madrasah Al Istiqomah memakai kurikulum dari Kemenag, adapun materi pelajarannya seperti pelajaran ahlaq, Al-Qur’an, Al Hadist, fiqih, sejarah dan lainnya.

Dede pun berharap dengan pengajaran Bahasa Inggris dari program magang MBKM mahasiswa UTama, bisa terserap oleh para santrinya dan menjadi bekal di kemudian hari.

(Sumber : majalahsora.com)

Dosen Universitas Widyatama Berupaya Bantu Pelaku UMKM Jabar Tembus Pasar Global
Aplikasi Buatan Dosen Dan Mahasiswa UTama Upaya Turunkan Angka Kematian Ibu Dan Bayi Di Tanah Air