Kampus Merdeka Utama Bekerjasama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) menyelenggarakan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB)

Kampus Merdeka Utama Bekerjasama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) menyelenggarakan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB)

universitas Widyatama Forum Human Capital Indonesia FHCI 3 - Kampus Merdeka Utama Bekerjasama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) menyelenggarakan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB)

Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) merupakan program dari Forum Human Capital Indonesia (FHCI) yang bekerja sama dengan 121 perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Diinisiasi oleh Pusat Karir Universitas Widyatama (UTama), sebagai implementasi BUMN Hadir Untuk Negeri.

Prof. Dr. H. Dadang Suganda, M.Hum. selaku Wakil Rektor I, Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Pembelajaran Universitas Widyatama (UTama) mengatakan, bahwa tujuan digulirkannya program tersebut, yaitu untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam menyalurkan potensi dan menggali pengalaman di BUMN.

Termasuk meningkatkan keterampilan serta kompetensi anak bangsa khususnya bagi mahasiswa, agar terciptanya SDM yang unggul. Kegiatan ini  juga merupakan bukti nyata  BUMN hadir untuk negeri.

Ia juga  berharap dengan program itu para mahasiswa dari Kampus UTama yang dipimpin oleh Prof Obsatar Sinaga, mampu melihat dunia profesional/kerja yang sesungguhnya.

“Nantinya para mahasiswa mampu untuk memastikan akan berkarir dimana. Baik dunia profesional atau menjadi entrepreneur,” kata Prof Dadang, di Kampus UTama, Sabtu (6/3/2021), Jalan Cikutra, No 204-A, Kota Bandung.

Hal itu pun sesuai dengan kebijakan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, terkait Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang mulai diterapkan di berbagai perguruan tinggi,

Kementerian BUMN juga berharap PPMB ini menjadi langkah nyata link and match kurikulum di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggu Swasta (PTS) sesuai dengan  kebutuhan industri dan dunia kerja yang telah lama diinisiasi dan diharapkan bisa menjawab “gap” yang selama ini masih terjadi di lapangan.

Lebih lanjut kata Prof Dadang Pemberian Pembekalan Mahasiswa Magang (PMMB) untuk Mahasiswa Universitas Widyatmaa Batch 1 Tahun 2021 sendiri, telah  dilakukan pada Jum’at (5/3/2021) di Ruang Rapat,  Gedung Rektorat UTama Lt. 2.

Disampaikan oleh Prof Dadang sendiri, termasuk oleh Yelli Eka Sumadhinata, S.E., M.M., Kepala Pusat Karir, Dr. Evi Octavia, S.E., M.M.,Ak., Wakil Dekan Fakultas Ekonomi & Bisnis serta Annisa Lisdayanti, S.E., M.M selaku Ketua Program Studi Manajemen S-1.

Prof Dadang berharap program magang ini sebagai bentuk implementasi dari kampus merdeka. Ketika mahasiswa UTama magang di perusahaan, mendapat pengalaman dan ilmu baru yang tidak didapat di kampus.

“Setelah mahasiswa kami lulus, mudah-mudahan dengan bekal dari kampus dan magang memiliki modal yang lebih banyak. Modal ilmu, keterampilan, mental karakter. Sehingga lulusan Widyatama bisa bekerjasama dan diterima oleh pasar,” pungkasnya.

Berikut daftar hasil seleksi mahasiswa UTama yang mengikuti Program Pemagangan Bersertifikat dan lolos mengikuti Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Batch 1 Tahun 2021 yakni: Devara Raditya Fajriawan , Jurusan Akuntansi Keuangan, Sertifikasi Industri, Penempatan BUMN PT Perkebunan Nusantara VIII Unit Kerja Kantor Direksi Bandung Jawa Barat; Arni Yusmana Uli Arta Saragi Sidauruk, Jurusan Manajemen Pemasaran, Sertifikasi Industri, Penempatan BUMN PT Pos Indonesia (Persero) Unit Kerja Kantor Pos Sukabumi Jawa Barat.

Peserta yang terpilih akan menjalani magang selama enam bula, di enam perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Program magang tersebut merupakan salah satu langkah awal Universitas Widyatama untuk mendukung implementasi kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka.

(Sumber : majalahsora.com)

PkM Fakultas Teknik UTama Menyediakan Platform Pembelajaran Daring Bagi SDN 190 Cisaranten Kidul
English Festival 2021