Fachrul Razi Jadi Menag, Pengamat: Tidak akan Berpengaruh Tekan Radikalisme

Fachrul Razi Jadi Menag, Pengamat: Tidak akan Berpengaruh Tekan Radikalisme

Obsatar Sinaga Rektor Universitas Widyatama

Dilasir dari Kesatu.co Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Fachrul Razi yang merupakan mantan Jendral TNI AD sebagai Menteri Agama. Namun, penunjukan Fachrul Razi yang mulanya dinilai bisa menangkal radikalisme justru menuai polemik, khususnya di kalangan ormas Islam.

Pengamat Terorisme sekaligus Rektor Universitas Widyatama, menilai, penempatan purnawirawan TNI di lembaga keagamaan tidak secara otomatis mampu menangkal radikalisme. Dirinya menyebut, penempatan jabatan yang salah akan berdampak negatif bagi pemerintah.

“Ada bagusnya ditaruh mereka, tapi itu gak persuasif. Menurut saya penempatan yang salah akan berakibat banyaknya, nanti kepercayaan pasar (masyarakat) akan turun,” kata Oby sapaan Obsatar Sinaga di Bandung, Senin (28/10/2019).

Menurutnya, jenderal pensiunan seperti Fachrul Razi tidak akan mampu menekan permasalahan radikalisme yang saat ini masif di Indonesia. Secara pengaruh, kata dia, Fachrul Razi tidak lagi memiliki kekuatan untuk memerintahkan anggota TNI yang masih aktif.

“Gak ada pengaruh, misalnya menteri agama tentara. Memang selama ini menteri agama yang ngurusin radikalisme, kan gak juga. Radikalisme kan yang ngurusnya BNPT,” kata dia.

Secara spesifik, jelasnya, selama ini Kementerian Agama tidak melulu mengurus atau membenahi permasalahan radikalisme. Untuk itu, Oby menyatakan, penunjukkan Fachrul Razi sebagai Menteri Agama di periode kedua kepemimpinan Jokowi dinilai terlalu menyimpang.

“Menteri Agama ngapain selama ini? Ngurus haji, ngurus lebaran, ya begitu-begitu. Dirjen pembinaan juga membina keagamaan, bukan soal radikalisme. Itu terlalu jauh,” tuturnya.

 

Sumber:

http://www.rmoljabar.com/read/2019/10/29/107421/Emban-Jabatan-Menag,-Fachrul-Razi-Tidak-Bisa-Simsalabim-Tangkal-Radikalisme-

https://kesatu.co/fachrul-razi-jadi-menag-pengamat-tidak-akan-berpengaruh-tekan-radikalisme/

Universitas Widyatama Menjadi Percontohan Pusat Karir Bagi Perguruan Tinggi Se-Indonesia
Universitas Widyatama Dipilih Kemenristekdikti Selenggarakan Pelatihan Sistem Informasi Riset dan Pengembangan