Dr. Arry Bainus: Unpad Siap-siap Disalip Universitas Widyatama

Dr. Arry Bainus: Unpad Siap-siap Disalip Universitas Widyatama

prof obsatar Sinaga kerjasama Widyatama dan PT pindad 1 1024x768 - Dr. Arry Bainus: Unpad Siap-siap Disalip Universitas Widyatama

Dr. Arry Bainus Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran (Unpad) menyatakan, bahwa ke depan Unpad siap-siap disusul oleh Universitas Widyatama Kota Bandung.

Hal itu ia paparkan saat melakukan MoU antara Unpad dengan PT. Pindad sekaligus MoA antara Universitas Widyatama dengan PT. Pindad, dalam kegiatan magang pendampingan bersertifikat, bagi mahasiswa kedua kampus tersebut di BUMN bisnis strategis alutsista.

Tidak serta merta ia berkata itu, karena menurutnya Widyatama saat ini maju pesat, melakukan terobosan-terobosan luar biasa dalam hal penerapan sistem akademik serta meningkatkan kualitasnya.

Perlu diketahui Widyatama memberlakukan atau meningkatkan soft skill para mahasiswanya, karena di setiap semester mahasiswa Widyatama akan menerima sertifikat (keahlian) pendampingan.

Di samping itu Widyatama pun akan menerapkan patokan kelulusan mahasiswanya dengan menerbitkan hasil penelitian mereka pada jurnal internasional. Jadi tidak hanya skripsi.

prof Obsatar Sinaga kerjasama Widyatama dan PT pindad 1024x768 - Dr. Arry Bainus: Unpad Siap-siap Disalip Universitas Widyatama

“Tahun depan (2020) kami selaku PTN dituntut oleh Mendikbud masuk rengking 500 besar dunia perguruan tinggi unggul. Namun saat ini Universitas Widyatama pun hampir menyusul Unpad, kami berada rengking 8 Univesitas Widyatama menduduki rangking 12 (rengking Dikti, Unirank),” kata Arry Bainus, di Gedung Direksi Pindad, Lantai 2, Kamis (18/12/2019) petang.

Dirinya pun senada terhadap paparan Prof. H. Obsatar Sinaga yang hadir di kegiatan itu, bahwa saat ini mahasiswa dituntut memiliki soft skill yang unggul, ketimbang hanya baik pada sisi nilai akademik (IPK) saja. Ia pun menambahkan bahwa mahasiswa juga harus pandai berkomunikasi.

Pada kesempatan yang sama Prof. H. Obsatar Sinaga, Rektor Universitas Widyatama sangat tersanjung terhadap pujian yang dilontarkan Warek Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Dr. Arry Bainus Kakak angkatannya di Unpad.

Ia mengatakan bahwa kampusnya terus melakukan terobosan agar mahasiswanya lebih menguasai soft skill ketimbang hanya nilai akademik, terlebih untuk menghadapi persaingan global dalam dunia industri dan usaha.

Di hadapan Direktur Keuangan & Administrasi PT. Pindad, Wildan Arief, S.E., Ak, MBA, CPMA., Dr. Arry Bainus, para mahasiswa dan jajaran penting dari kedua kampus serta PT. Pindad,  ia mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan pembekalan kepada mahasiswanya, di mana di setiap semester mereka akan diberikan sertifikat pendampingan (soft skill) seperti penguasaan bahasa asing, teknologi informasi, dan lainnya sesuai fakultas serta prodinya.

Kampus Widyatama pun terus melakukan MoU dan MoA dengan berbagai BUMN dan industri ternama termasuk PT. Pindad.

kerjasama Widyatama dan PT pindad 1 1024x768 - Dr. Arry Bainus: Unpad Siap-siap Disalip Universitas Widyatama

“Saya sangat berterima kasih kepada PT. Pindad yang telah memberi kesempatan melakukan MoA dengan kami (Widyatama), khususnya pada program pemagangan bersertifikat. Semoga mahasiswa kami semakin terasah soft skill dan pengalamannya,” kata Prof. H. Obi sapaan akrabnya, yang berhasil menjadi juara dunia kedua, penulisan artikel, pada ajang Pecipta di Malaysia.

Lebih lanjut Prof. H. Obi menjelaskan bahwa kampusnya belum lama ini melakukan kerjasama strategis dengan Air Asia, salah satu maskapai penerbangan ternama di Dunia, sebagai upaya membuka Prodi Perawatan Pesawat Udara.

Sementara itu Oliver Hasan Padmanegara, S.E., M.Sc., Kepala Biro Kerja Sama Universitas Widyatama, kepada majalahsora.com mengatakan bahwa MoA dengan PT. Pindad merupakan kolaborasi yang penting. Khususnya pemagangan bagi mahasiswa Widyatama.

“Selain dapat memberikan manfaat bagi kedua institusi, harapan kami adalah dapat menghilangkan expectation gap antara employer dan calon tenaga kerja yang tersedia di bursa tenaga kerja saat ini,” kata nya.

Terkait kerjasama Wildan Arief, kepada majalahsora.com mengatakan, bahwa ada hal yang berbeda yang akan didapat oleh para mahasiswa yang ikut magang di BUMN yang berada di Jalan Terusan Gatot Subroto No. 517, Sukapura, Kec. Kiaracondong, Kota Bandung.

Oliver Hasan Kabiro kerjasama universitas widyatama 1024x768 - Dr. Arry Bainus: Unpad Siap-siap Disalip Universitas Widyatama

“Karena kultur di kami berbeda dengan BUMN yang lain. PT. Pindad dahulunya ada di bawah naungan TNI AD, jadi ada penerapan disiplin khas TNI yang kami pertahankan. Dari sisi cara bisnis nya pun berbeda pendekatannya karena menjual alat pertahanan,” kata Arief.

Ia pun menjelaskan bahwa program magang bersertifikat ini bagian dari program Kemendikbud.

“Kami sendiri sudah memiliki kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi, Widyatama dan Unpad melakukannya hari ini. Dengan adanya program magang bersertifikat ke depan dunia industri akan mendapat support dari mahasiswa yang akan memasuki dunia kerja,” katanya.

Hal ini merupakan program perbaikan dari sistem pendidikan perguruan tinggi di Indonesia.

“Tentu dari hard skill mahasiswa Widyatama dan Unpad sudah memiliki kualitas yang sangat baik di kampusnya. Apalagi kalau melihat dari lulusan Widyatama dan Unpad merupakan perguruan tinggi terkemuka,” kata Arief.

“Mereka selama magang di sini  akan meningkat soft skillnya, karena mereka akan terlibat langsung  berkomunikasi dengan staf yang ada. Bisa mempelajari mengenai komunikasi yang efektif  bagaimana cara mengetahui dan mengikuti gaya bekerja dan hal lainnya di PT. Pindad,” pungkasnya.

PKM WIDYATAMA : UMKM Perlu Terapkan Hak Merek pada Franchising di Era Digital Marketing
SMAN 1 Cisarua Kabupaten Bandung Barat Sukses Menjuarai Ajang Business Plan Competition Universitas Widyatama