Dinilai Banyak Melakukan Inovasi Rektor dan Ketua Yayasan Widyatama Diberi Penghargaan “Indonesia Most Admired Education 2021”

Dinilai Banyak Melakukan Inovasi Rektor dan Ketua Yayasan Widyatama Diberi Penghargaan “Indonesia Most Admired Education 2021”

Prof Obsatar Sinaga (Prof Obi), Rektor Universitas Widyatama kembali mendapatkan penghargaan bergengsi, kali ini dari Indonesia Development Achievement Foundation (IDAF) sebagai “Indonesia MOST Admired Education Award 2021”. Dinilai karena menjadi inspirasi dalam memberikan inovasi pendidikan di Perguruan Tinggi.

Penghargaan tersebut ibarat kado istimewa bagi Rektor UTama yang berulang tahun ke-52, pada tanggal 17 April 2021. Diserahkan di Hotel Savoy Homan Kota Bandung, Jum’at (23/4/2021) malam.

Prof Obi, Rektor Widyatama yang dilantik tahun 2019 silam, dalam waktu relatif singkat membawa perubahan-perubahan dan kemajuan. Diantaranya membawa Universitas Widyatama menduduki peringkat ke-57 perguruan tinggi ternama di tanah air (tahun 2020) versi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

WhatsApp Image 2021 04 26 at 09.55.43 768x1024 - Dinilai Banyak Melakukan Inovasi Rektor dan Ketua Yayasan Widyatama Diberi Penghargaan “Indonesia Most Admired Education 2021”

 

Sebelumnya di tahun 2019, UTama berada diperingkat ke-97, bahkan di tahun 2018 masih berada pada posisi 200-an.

Sedangkan versi Webometrics berada pada peringkat ke-55 nasional dan ke-3 di Jawa Barat. Terbaru tanggal 20 April 2021 kampus UTama menduduki peringkat ke-53 versi SCImago.

Perubahan lainnya yaitu menyelenggarakan perkuliahan “hybrid” tatap muka langsung dan online, sebelum adanya pandemi. Termasuk program sertifikasi di setiap semester bagi mahasiswa, agar memiliki keahlian khusus.

Ditambah dengan digulirkannya para dosen UTama untuk menulis penelitian dan artikel yang dipublikasikan di jurnal internasional terindek Scopus.

WhatsApp Image 2021 04 26 at 09.55.43 1 1 1024x768 - Dinilai Banyak Melakukan Inovasi Rektor dan Ketua Yayasan Widyatama Diberi Penghargaan “Indonesia Most Admired Education 2021”
Rahmat Taufik SE., M.Ak., Ak.,CA., Bendahara Yayasan Widyatama, mewakili Djoko S. Roespinoedji, S.E., PG., DIP., Ketua Yayasan Widyatama yang menerima penghargaan serupa

Terbaru sudah sekitar 1373 jurnal internasional para dosennya yang terpublikasi.

Kepada awak media Prof Obi mengatakan dirinya terkejut diberi penghargaan itu.

“Secara tiba-tiba saya diundang untuk penganugrahan penghargaan 1 Most Admired Champions Award 2021 ini, dengan kategori Admired Education Award. Saya pikir penilaian Award ini dari peningkatan dan kemajuan Widyatama, belakangan ini sangat spektakuler. Ini penghargaan tidak terduga,” terang Prof Obi sapaannya, di Hotel Savoy Homan Bandung.
“Sebagai Rektor, saya dianggap telah membuktikan langkah kemajuan dalam waktu singkat, sehingga mereka memberikan penghargaan kepada para profesional yang berprestasi secara khusus, salah satunya diberikan kepada saya sebagai rektor” imbuhnya.

Menurut Prof Obi, UTama telah bekerja dengan baik, dengan prinsip “Harus Lebih Baik dari Kemarin, dan Hari Esok Harus Lebih Baik dari Hari Ini”, sehingga prinsip tersebut dapat menjadi motivasi peningkatan dari segala aspek.

WhatsApp Image 2021 04 26 at 09.55.46 1024x768 - Dinilai Banyak Melakukan Inovasi Rektor dan Ketua Yayasan Widyatama Diberi Penghargaan “Indonesia Most Admired Education 2021”
Prof Mohd Haizam Bin Mohd Saudi, Wakil Rektor III (keempat dari kiri)

Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa, dirinya sengaja mengajak jajarannya ke tempat acara sebagai bentuk motivasi.

Di samping dirinya penghargaan serupa juga diberikan kepada Djoko Roespinoedji, Ketua Yayasan Widyatama yang memiliki peran central dalam mendukung seluruh program kampus Universitas Widyatama.

Sementara itu Prof Mohd Haizam Bin Mohd Saudi, Wakil Rektor III, Bidang Riset, Pengembangan dan Kerjasama UTama yang turut hadir berpendapat, bahwa Prof Obi sangat layak mendapatkan penghargaan itu.

“Selamat kepada Pak Rektor dan juga Ketua Yayasan. Ini sebagai motivasi untuk kami agar berkerja lebih keras terutama untuk pemeringkatan perguruan tinggi pada bulan Agustus 2021. Sehingga Kampus kami bisa lebih dipercaya oleh masyarakat luas dan lebih baik lagi di masa yang akan datang,” kata Prof Haizam di tempat acara.

Agar diketahui Indonesia Development Achievement Fondation merupakan Lembaga Non Goverment, mengganjar penghargaan terhadap figur-figur inovatif Indonesia, bertajuk “1 MOST ADMIRED  CHAMPIONS AWARD 2021″.

Terdapat enam kategori penghargaan bagi figur profesional, berdasarkan penilaian oleh tim pengamat dan panitia melalui pemantauan selama 6-7 bulan secara objektif dan random sampling, dari National Awarding Achievement Center.

Para penerima penghargaan berasal dari berbagai kalangan di Indonesia, yaitu tokoh pendidik, pengusaha, eksekutif, profesional dan publik figur.

Terdapat 10 figur profesional yang mendapatkan penghargaan dari 6 kategori penghargaan yaitu, penghargaan INDONESIA MOST ADMIRED BUSINESS AWARD 2021, penghargaan INDONESIA MOST ADMIRED EDUCATION AWARD 2021, penghargaan TOP PROFILE’S ADMIRED EXCELLENT AWARD 2021, penghargaan INDONESIA MOST ADMIRED LAWYER AWARD 2021, penghargaan INDONESIA MOST ADMIRED BEAUTY CLINIC AWARD 2021, dan penghargaan INDONESIA MOST ADMIRED WOMAN INNOVATIVE AWARD 2021.

Adapun tujuan dari penghargaan itu mencari pribadi yang beragam, dari segment yang luas untuk mendapatkan pribadi yang unggul. Berharap dari ajang Award ini masyarakat Indonesia akan mendapatkan inspirasi para tokoh yang dianugrahi penghargaan tersebut.

(Sumber : majalahsora.com)

Peringati Hari Kartini Webinar “Women Leaders And Entrepreneur” WIBI Merangsang Lebih Banyak Pengusaha Wanita Mandiri
Komunitas Bandung Sehat Cerdas Memberikan Penghargaan Kepada Rektor UTama dan Ketua Yayasan Widyatama