Di Usia Ke-19 Universitas Widyatama Makin Serius Meningkatkan Kualitas Lulusan, Dengan Menggelar Pelatihan Calon Asesor LSP-BNSP

Di Usia Ke-19 Universitas Widyatama Makin Serius Meningkatkan Kualitas Lulusan, Dengan Menggelar Pelatihan Calon Asesor LSP-BNSP

Universitas Widyatama (UTama) terus berupaya meningkatkan kualitasnya, salah satu unsur pentingnya yaitu memiliki sumber daya manusia (SDM) yang handal dan kompeten.

Terlebih kini usia Universitas Widyatama pada tanggal 2 Agustus 2020, menginjak usia ke-19 tahun.

Keseriusan itu pun dilakukan oleh pihak kampus dengan menggelar pelatihan calon asesor Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) UTama ke-1.

IMG 0777 1024x682 - Di Usia Ke-19 Universitas Widyatama Makin Serius Meningkatkan Kualitas Lulusan, Dengan Menggelar Pelatihan Calon Asesor LSP-BNSP

Kegiatannya diikuti oleh 48 orang calon asesor UTama, dilaksanakan di kampus UTama Jalan Cikutra No 204-A, Kota Bandung, selama lima hari, dari tanggal 3-7 Agustus 2020.

Skema yang diaksesori ada 18 skema, terdiri dari bidang ekonomi manajemen, akuntansi, teknik, desain komunikasi visual dan Bahasa Inggris.

Sedangkan untuk pemateri disampaikan langsung oleh master asesor termasuk tim pengujinya.

IMG 0778 1024x682 - Di Usia Ke-19 Universitas Widyatama Makin Serius Meningkatkan Kualitas Lulusan, Dengan Menggelar Pelatihan Calon Asesor LSP-BNSP

Miftakul Azis Wakil Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang hadir langsung, dalam pembukaan kegiatan pelatihan itu menjelaskan, bahwa asesor kompetensi adalah personil yang nantinya melakukan asesmen kompetensi atau uji kompetensi pada saat LSP di Universitas Widyatama sudah beroperasi.

“Sehingga menjadi personil yang sangat penting, sumber dasar sertifikasi yang harus dimiliki oleh setiap LSP pada saat meminta, memohon atau memproses izin lisensi ke BNSP. Karena asesor kompetensi adalah salah satu sumber daya utama, untuk bisa melakukan sertifikasi kompetensi,” kata Mifkatul Aziz, Senin (3/8/2020).

 

“Saya sangat berharap peserta dapat mengikuti dengan baik dalam waktu yang relatif singkat. Para peserta pada akhir pelatihan sudah kompeten, terhadap kompetensi asesor,” imbuhnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan kompetensi yang harus dimiliki dan dikuasai oleh asesor kompetensi ada tiga, yaitu kompetensi merencanakan asesmen, melaksanakan asesmen dan memberikan kontribusi dalam validasi asesmen. Hal itu yang dilatihkan selama empat hari.

Miftakul pun berharap peserta bisa mengikuti dengan baik sehingga pada akhir pembelajaran sudah dinyatakan kompeten.

IMG 0767 1024x682 - Di Usia Ke-19 Universitas Widyatama Makin Serius Meningkatkan Kualitas Lulusan, Dengan Menggelar Pelatihan Calon Asesor LSP-BNSP

Atas apa yang dilakukan oleh pihak UTama melaksanakan kegiatan pelatihan calon asesor LSP, pihaknya sangat mengapresiasinya.

“Tentu ini adalah bagian penting, bahwa ke depan Universitas Widyatama mempunyai kontribusi yang positif. Kontribusi yang besar terhadap pembangunan SDM yang kompeten. Termasuk SDM yang berkualitas, SDM unggul yang diakui kompetensinya oleh industri. Terlebih pihak-pihak lain yang dalam kontek ini profesi-profesi dari lulusan Universitas Widyatama, akan semakin cepat terbangunnya ekosistem SDM kompeten dan unggul di Indonesia,” pungkasnya.

IMG 0780 1024x682 - Di Usia Ke-19 Universitas Widyatama Makin Serius Meningkatkan Kualitas Lulusan, Dengan Menggelar Pelatihan Calon Asesor LSP-BNSP

Sementara itu Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga, M. Si, Rektor UTama mengatakan pihaknya sangat bangga terhadap dukungan BNSP dan hadirnya para master asesor handal, sehingga bisa meningkatkan mutu proses pelayanan UTama agar semakin meningkat.

Ia menambahkan bahwa LSP Universitas Widyatama baru dirintis pada November tahun 2019. Bertujuan untuk memperkuat tingkat kompetensi mahasiswa di semua fakultas yang ada di UTama.

“Semua lulusan Universitas Widyatama wajib memiliki sertifikasi pada saat mereka lulus atau keluar menjadi alumni sehingga dapat berdaya saing tinggi,” pungkas Prof. H. Obi, sapaan akrab Rektor UTama.

Kado Manis Ulang Tahun Universitas Widyatama Perpustakaan UTama Kembali Raih Nilai Akreditasi A
Universitas Widyatama di Usia 19 Tahun Targetkan Peringkat 60 Nasional