Categories: Berita

Agar Jurnal Internasional Dosennya Cepat Terbit USB YPKP Gandeng Prof Obi Rektor Widyatama

Dalam upaya memudahkan terbitnya jurnal internasional para dosennya, Universitas Sangga Buana (USB) YPKP melakukan penandatangan nota kesepahaman/MoU dengan Universitas Widyatama. Khususnya melalui bimbingan dari Prof.…

Dalam upaya memudahkan terbitnya jurnal internasional para dosennya, Universitas Sangga Buana (USB) YPKP melakukan penandatangan nota kesepahaman/MoU dengan Universitas Widyatama.

Khususnya melalui bimbingan dari Prof. H. Obsatar Sinaga atau biasa disapa Prof. H. Obi Rektor Universitas Widyatama merangkap Guru Besar Universitas Padjadjaran.

“Dengan MoU ini ke depan akan lebih cepat jurnal internasional dosen kami yang terbit. Karena kalau secara normatif bisa memakan waktu satu tahun,” kata Dr. H. Asep Effendi, Rektor USB YPKP, usai melakukan MoU dengan Prof. H. Obsatar Sinaga, Rektor Universitas Widyatama, Senin (9/12/2019) di Kampus USB YPKP Bandung.

Lebih lanjut ia mengatakan kerjasama itu merupakan akar dari aplikasi Tridharma Perguruan Tinggi.

Rektor USB YPKP pun mengakui, bahwa majunya suatu kampus salah satunya dilihat dari banyaknya jurnal internasional yang diterbitkan oleh para dosennya.

“Kami akan membangun kebiasaan menulis melalui Lembaga Penulisan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) juga terbiasa melakukan riset dan menulis,” terangnya.

Dengan kerjasama itu dalam dua pekan jurnal internasional yang ditulis oleh dosen USB YPKP bisa diterbitkan, salah satunya melalui scopus.

Dr. H. Asep pun memuji Widyatama yang kini berada di rengking 100 besar (rengking 95) perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

“Mereka sudah melakukan banyak kerjasama tingkat internasional. Secara internasional terakreditasi, maka kami wajib untuk belajar kepada mereka,” katanya.

Di samping itu pihak USB YPKP dan Widyatama pun melakukan MoU pada bidang kemahasiswaan, marketing, lulusan dan lainnya.

Diharapkan dengan sinergitas antara kampus USB YPKP yang memiliki tagline Kampus Entrepreneur bisa melakukan percepatan dalam meningkatkan kualitasnya.

Sementara itu Prof. H. Obi mengatakan bahwa pihaknya di tahun 2020 memiliki kuota 5000 jurnal internasional untuk diterbitkan.

“Kami memiliki kuota 5000 jurnal internasional dan akan kami sebar ke kampus yang ada di wilayah LLDIKTI wilayah IV, Jabar dan Banten, untuk bekerjasama menerbitkannya,” kata Prof. H. Obi.

Terkait MoU dengan USB YPKP pihaknya ingin bersinergi agar bisa maju secara bersama-sama menggapai asa.

“Kami sudah banyak melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri. Kami merasa bersalah kalau tidak melakukan kerjasama dengan tetangga kami yang secara jarak sangat dekat. Untuk beriringan meraih ke arah kemajuan yang lebih baik,” kata Rektor yang meraih juara kedua dunia artikel Pecipta di Malaysia.

Prof. H. Obi pun siap membantu agar jurnal dosen USB YPKP bisa terbit. Rencananya ada 6 dosen tetap USB di dorong menerbitkan jurnal internasional, dan tahun 2021 bisa menjadi Guru Besar.

WICAN Widyatama Ajang Inovasi Eksebisi Mahasiswa Tingkat Internasional
Tingkatkan Kualitas, STIKES Aisyiyah Bandung Melakukan MoU Dengan Universitas Widyatama
Humas Widyatama

Share
Published by
Humas Widyatama

Recent Posts

Atalia Istri Gubernur Jabar Jadi Dosen Universitas Widyatama, UTama Selangkah Lebih Maju Dari Universitas Lainnya

Tahun akademik 2020-2021 Univeristas Widyatama (UTama) menerima sekitar 2300 mahasiswa baru untuk jenjang D3, D4,…

1 bulan ago

Prodi Teknik Industri Universitas Widyatama Mengedukasi & Membantu Masyarakat Kelurahan Binong Jati Dalam Menerapkan K-3

Sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, Universitas Widyatama (UTama) Bandung yang dipimpin oleh…

2 bulan ago

Melalui Pelatihan Dari Dosen Fakultas Ekonomi & Bisnis UTama Para UKM Dilatih Meningkatkan Peluang & Untung Di Tengah Pandemi

Salah satu bentuk tanggung jawab sebuah perguruan tinggi yaitu mengaplikasikan tridarma perguruan tinggi-nya, seperti yang…

2 bulan ago

Dosen Informatika Universitas Widyatama – Mengimplementasikan Aplikasi Berbasis Interfacing System dalam Menentukan Kualitas Ikan Nila dan Gurame

Di era revolusi industri 4.0 ini pemanfaatan teknologi dilakukan dalam berbagai bidang, salah satunya di…

2 bulan ago

Alat Penjernih Air Keruh Hasil Penelitian Dosen Teknik Mesin Universitas Widyatama Manfaatnya Dirasakan Oleh Masyarakat

Sebuah perguruan tinggi sudah seyogianya mengaplikasikan tridharma perguruan tinggi, seperti pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada…

2 bulan ago

Universitas Widyatama Mensosialisasikan Teknologi RWH Dan Eco Garden Dalam Penanggulangan Masalah Kekeringan

Kota Bandung – Universitas Widayatama (UTama) Kota Bandung yang sudah setahun lebih dipimpin oleh Prof.…

2 bulan ago