Abdi UTama Mahasiswa Universitas Widyatama Berbagi Kebahagiaan Dengan Masyarakat Arjasari

Abdi UTama Mahasiswa Universitas Widyatama Berbagi Kebahagiaan Dengan Masyarakat Arjasari

Abdi utama Universitas Widyatama 12 1024x576 - Abdi UTama Mahasiswa Universitas Widyatama Berbagi Kebahagiaan Dengan Masyarakat Arjasari

Senyum keceriaan dan kebahagiaan  terpancar dari rona wajah siswa-siswi kelas 3 dan 4 Madrasah Iftidaiyah (MI)  Al Huda Arjasari Kabupaten Bandung. Tatkala mahasiswa Universitas Widyatama memberikan pengajaran Bahasa Inggris serta permainan berhadiah.

Di samping itu mereka pun berbagi rezeki, membagikan sekitar 200 paket sembako, berisi beras 2 kg, minyak sayur, sarden dan lainnya kepada para jompo serta yang berhak menerima bantuan.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan Abdi UTama tahun 2019. Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi .

Dihelat selama dua hari, tanggal 13-14 Desember 2019, di Desa Pinggirsari, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung.

Kirana Ketua Pelaksana Abdi UTama di MI Al Huda kepada majalahsora.com mengatakan, bahwa Abdi Utama merupakan kegiatan yang digelar pertama kali oleh para mahasiswa di bawah naungan Biro Kemahasiswaan Widyatama.

Abdi utama Universitas Widyatama 16 1024x768 - Abdi UTama Mahasiswa Universitas Widyatama Berbagi Kebahagiaan Dengan Masyarakat Arjasari

“Pada kegiatan ini kami melakukan bakti pendidikan, kerja bakti, membagikan sembako dan lainnya,” kata Kirana, Sabtu (14/12/2019)

Lebih lanjut Kirana mengatakan, ada sekitar 40 mahasiswa Universitas Widyatama yang terlibat. Mencakup mahasiswa dari 5 fakultas dan 18 program yang terjun pada Abdi UTama tahun 2019.

Mahasiswa yang turut serta merupakan anggota aktif di Unit kegiatan Kemahasiswaan (UKM) yang ada.

Di samping itu mereka memberikan penyuluhan bagi siswa-siswi Madrasah Aliyah (MA) Al Huda, materinya disampaikan langsung oleh dosen DKV.

Sedangkan untuk kerja bakti mereka menyusuri daerah di sekitar RW 6 dan 20, dengan memungut sampah menyapu dan mencabut rumput liar.

“Kegiatan Abdi Utama ini baru pertama kali berlangsung. Semoga bisa rutin dilaksanakan. Hal ini baik dilakukan, sebagai bentuk bakti nyata dan bentuk kepedulian mahasiswa Widyatama kepada masyarakat. Mudah-mudahan segala sesuatunya ke depan lebih meningkat lagi, untuk membantu sesama,” kata Kirana.

Abdi utama Universitas Widyatama 6 1024x768 1024x768 - Abdi UTama Mahasiswa Universitas Widyatama Berbagi Kebahagiaan Dengan Masyarakat Arjasari

Sementara itu Megawati Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) Widyatama, masa bakti 2019-2020, sangat berterima kasih kepada seluruh panitia pelaksana yang turut serta.

“Semoga kegiatan Abdi UTama ini berjalan maksimal dan dapat berlangsung kembali di tahun depan serta memperbaiki kendala-kendala yang ada. Saya haturkan terima kasih kepada seluruh UKM,” katanya.

Pada kesempatan yang sama Pawit Kepala Biro Kemahasiswaan Universitas  Widyatama, memaparkan bahwa diadakannya Abdi Widyatama, merupakan salah satu kewajiban mahasiswa terhadap pengabdian masyarakat.

“Kegiatan ini mengikuti peraturan Kemenristekdikti, bahwa di kampus bukan hanya dosen yang melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat tetapi mahasiswa juga,” terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut yaitu, bagaimana mahasiswanya bisa menginvestasikan ilmunya kepada masyarakat.

Abdi utama Universitas Widyatama 4 1305x979 1024x768 - Abdi UTama Mahasiswa Universitas Widyatama Berbagi Kebahagiaan Dengan Masyarakat Arjasari

Di antaranya kegiatan Widyatama mendidik yang mengajarkan bahasa Inggris kepada siswa-siswi MI Al Huda.

“Kemarin Jumat (13/12/2019)  juga ada penyuluhan mengenai marketing tentang mengelola Usaha Kecil Menengah (UKM), bagi para UKM dan petani. Disampaikan langsung oleh dosen dosen fakultas ekonomi, DKV dan manajemen,” kata Pawit.

“Hari ini (Sabtu 14/12/2019) ada Widyatama mendidik. Tadi juga ada kerja bakti, bersih-bersih kampung bersama Pak Lurah. Selanjutnya ditutup dengan kegiatan pembagian sembako di Kantor Desa Pinggirsari, Arjasari, Kabupaten Bandung,” kata Pawit.

“Rencananya kegiatan ini rutin. Sudah dijadwalkan tiap semester ada. Diikuti oleh mahasiswa yang ada di UKM, setiap prodi. Minimal mereka satu kali melakukan Abdi Utama,” imbuhnya.

Saat ditanya oleh majalahsora.com Abdi UTama di laksanakan di Desa Pinggirsari, ia menjelaskan bahwa hal itu sesuai dengan referensi dari PIKUM (Pusat Inkubasi kewirausahaan masyarakat) Jabar.

IMG 20191214 WA0080 1024x576 - Abdi UTama Mahasiswa Universitas Widyatama Berbagi Kebahagiaan Dengan Masyarakat Arjasari

Ia berharap dengan adanya Abdi UTama di Desa Pinggirsari bisa bermanfaat bagi MI dan MA Al Huda. Begitu juga bagi para petani dan wirausaha yang telah diberikan penyuluhan. Penerima sembako pun dapat merasakan manfaatnya.

“Semoga menjadi nilai tambah untuk mereka. Bagi mahasiswa kami pun bisa memberikan pengalaman dan meningkatkan jiwa sosial dan kepedulian kepada masyarakat,” kata Pawit.

Ia pun menjelaskan bisa berjalannya kegiatan ini tidak terlepas dari dukungan Yayasan Widyatama, Prof. H. Obsatar Sinaga, Rektor Universitas Widyatama, para dosen, Biro Kemahasiswaan serta para mahasiswa yang mendukung secara moril dan materil.

Kepala LLDIKTI Wilayah IV Mengajak PT Di Wilayahnya Berkolaborasi Dengan Universitas Widyatama Menulis Jurnal Internasional
Universitas Widyatama Juara Umum Ajang WICAN Tahun 2019