Universitas Widyatama Tercatat Menjadi Kampus Ternama Di Bandung

Universitas Widyatama Tercatat Menjadi Kampus Ternama Di Bandung

Universitas Widyatama (UTama), tercatat menjadi salah satu kampus ternama di Kota Bandung.

Hal itu berdasarkan dari rilis Webometrics yang di keluarkan bulan Juli 2020, lalu.

Adapun penilaiannya, yaitu presence (5%), Visibility impact (50%), openness (10%), dan excellence (35%).

Penilaian berdasarkan presence  adalah jumlah halaman web host dalam webdomain utama (termasuk semua subdomain dan direktori) dari universitas yang diindeks oleh mesin pencari Google. Penilaian tersebut menghitung setiap halaman web, termasuk semua format yang diakui secara individual oleh Google, termasuk halaman statis dan dinamis dan selain rich files

Berikutnya visibility impact adalah kualitas konten dievaluasi melalui “virtual referendum” dengan menghitung semua external inlinks yang diterima oleh webdomain Universitas dari pihak ketiga.

Link tersebut mengakui prestise institusional, kinerja akademik, nilai informasi, dan kegunaan dari layanan seperti yang diperkenalkan dalam halaman web sesuai dengan kriteria jutaan web editor dari seluruh dunia.

Data visibilitas link dikumpulkan dari dua provider informasi yaitu Majestic SEO dan ahrefs. Keduanya menggunakan crawler sendiri, menghasilkan database yang berbeda yang digunakan bersama-sama untuk saling melengkapi atau memperbaiki kesalahan.

Indikatornya adalah produk dari jumlah backlink dan jumlah domain yang berasal dari backlink tersebut, sehingga tidak hanya penting popularitas link tetapi juga keragaman link.

Sedangkan openness merupakan jumlah file dokumen Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online/open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google Scholar).

Terakhir excellence merupakan jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking dan di Google Scholar.

Di samping capaian itu Universitas Widyatama yang sejak tahun 2019 dipimpin oleh Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga, tahun ini menduduki rangking ke-57 perguruan tinggi terbaik di Indonesia menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Capaian prestasi terbaru lainnya yaitu membantu pencari kerja yang terkena PHK ataupun lulusan baru di saat pandemi dengan menggelar Career Day UTama online.

Dilaksanakan selama 19 hari, dari tanggal 24 Juli sampai dengan 15 Agustus 2020. Angka tersebut sesuai dengan hari jadi UTama yang ke-19. Tepatnya berulang tahun setiap tanggal 2 Agustus.

Ajang itu pun berhasil menyedot 8000 lebih pencari kerja untuk ratusan lowongan kerja yang ada. Diikuti oleh sekitar 29 perusahaan negeri swasta, baik itu BUMN, per-bank-an, manufaktur dan lainnya.

Atas capaian itu, Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI), memberikan penghargaan kepada Kampus UTama sebagai penyelenggara Career Day Online terlama dan memecahkan rekor dunia.

Menurut Jaya Suprana apa yang dilakukan oleh UTama sangat berarti bagi bangsa Indonesia. Terlebih di tengah pandemi COVID-19 banyak yang terkena PHK dan yang belum memperoleh pekerjaan. Adanya bursa kerja daring sangat membantu mereka yang membutuhkan pekerjaan.

Patut diketahui UTama merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka yang terletak Kota Bandung, Jawa Barat. Tepatnya di Jalan Cikutra No. 204-A Bandung, Jawa Barat.

Universitas Widyatama berdiri 2 Agustus 2001, merupakan penggabungan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung (STIEB), Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Bandung (STIBB), Sekolah Tinggi Teknologi Bandung Widyatama (STTW) serta Sekolah Tinggi Disain Komunikasi Visual (STDKV).

Upaya penggabungan dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan yang benar-benar memiliki daya saing. Langkah lanjut yang dilakukan UTama adalah upaya serius dan konsisten mewujudkan suatu sistem pelayanan pendidikan dengan standard ISO-9001: 2000.

Sedangkan fakultas yang ada di UTama yaitu, Fakultas Ekonomi, Fakultas Bisnis dan Manajemen, Fakultas Teknik, Fakultas Bahasa dan Fakultas Desain Grafis dan Komunikasi Visual.

Berikut daftar perguruan tinggi ternama di Kota Bandung, menurut Webometrics, tahun 2020:

1. Institut Teknologi Bandung
2. Telkom University
3. Universitas Pendidikan Indonesia
4. Universitas Padjadjaran
5. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
6. Universitas Katolik Parahyangan
7. Universitas Widyatama
8. Universitas Islam Bandung
9. Universitas Pasundan
10. Institut Teknologi Nasional.

(Sumber: majalahsora.com, Kota Bandung)

Setelah Dilantik Menjadi Pengurus Kwarda, Djoko Roespinoedji Akan Menumbuhkan UKM Pramuka Di Perguruan Tinggi
Resmi Digelar, ICBPS 2020 Mampu Kolaborasikan Akademisi Dan Dunia Industri