Website Utama TV : http://utama.tv/

Mengapa tv kampus…..

Kebutuhan akan jalinan komunikasi di kalangan civitas akademika terhadap lingkungan kampus untuk menjembatani hubungan kemasyarakatan sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Masyarakat sudah semakin meningkat.

Penyebaran informasi yang semakin intens kepada audiensnya menjadi bagian dari persyaratan mutlak dan sangat penting untuk keberhasilan mencapai sasaran strategis dunia pendidikan. Salah satu alat utama penyampaian informasi yang dipandang efektif antara lain adalah televisi, memgingat kemampuannya menyampaikan pesan dalam dua dimensi sekaligus yaitu dimensi suara dan gambar.

Media TV Kampus dapat dijadikan sebagai alat utama untuk membantu menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat maupun bagian dari teknologi proses kegiatan belajar mengajar di lingkungan kampus, dan lebih luas lagi akan menjadi alat untuk membangun komunitas lingkungan kampus yang kondusif, kooperatif, penuh karya inovatif dan secara intens membangun image di kalangan masyarakat.

Oleh sebab itu Yayasan Widyatama memandang perlu untuk membangun media audio visual berupa televisi kampus yang dijadikan sebagai media penyampaian pesan kepada masyarakat sekitar kampus.

 

Visi :

“ Menjadi televisi komunitas yang terdepan di Jawa Barat dalam mewadahi aspirasi komunitas kampus“

Misi :

  1. Mewujudkan TV Kampus sebagai center of excellence bagi UTama.
  2. Menyelenggarakan penyiaran untuk layanan informasi, pendidikan dan hiburan pada civitas akademika UTama, dan masyarakat luas dalam rangka pencerahan.
  3. Memberikan wahana pengembangan kreatifitas mahasiswa dan dosen dalam proses belajar mengajar di kampus, khususnya memanfaatkan multimedia.
  4. Menyelenggarakan pelatihan(learning by doing) yang terkait dengan broadcasting untuk peningkatan ketrampilan personil (softskill) dalam bidang industri komunikasi dan berbagai usaha terkait lainnya.

ASPEK LEGAL

Surat Rekomendasi Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa barat nomor : 286/K/KPIDJABAR/12/09 Perihal Pemberitahuan Kelayakan,  yang intinya bahwa Televisi Komunitas Utamatv berdasarkan verifikasi Administrasi dan Vaktual telah dinyatakan LAYAK.

 

 

IDENTIFIKASI TELEVISI KOMUNITAS

Lokasi kampus yang berada di tengah lingkungan penduduk kelurahan Sukapada menjadi bagian dari suatu komunitas masyarakat Sukapada. Oleh sebab itu dipandang bahwa media komunikasi yang efektif untuk memelihara hubungan antar komponen komunitas adalah melalui lembaga penyiaran televisi.

Amanat Undang-Undang Penyiaran No 32 tahun 2000 menyatakan bahwa Lembaga Penyiaran Komunitas merupakan lembaga penyiaran yang berbentuk badan hukum Indonesia dan didirikan oleh komunitas tertentu yang bersifat independen dan tidak komersiil, dengan daya pancar rendah dan jangkauan wilayah yang terbatas, serta untuk melayani kepentingan komunitasnya. Berdasarkan hal inilah dipandang televisi kampus menjadi suatu pilihan.

Wilayah Kecamatan Cibeunying Kidul yang merupakan lingkungan terdekat dari lokasi kampus merupakan daerah sasaran jangkauan lembaga penyiaran televisi komunitas ini, sehingga masyarakat disekitar ini ( yang berjumlah sekitar 85.000 jiwa) akan dapat memanfaatkan penyampaian informasi di kalangannya melalui lembaga penyiaran televisi ini.

ASPEK TEKNIS

Saluran Frekuensi / Kanal Yang Digunakan :

Frekuensi yang telah digunakan untuk Perkumpulan Penyiaran Televisi Komunitas Universitas Widyatama Bandung adalah pada channel/kanal 32 UHF.

PROGRAM SIARAN.

Siaran reguler di UTama TV dilaksanakan dengan format sebagai berikut ; Seputar kampus atau Info kampus : 20 % ; Profil UTama dan facultas : 20 %; Hiburan/Musik/presentasi buah karya; 40 %; Religi Info : 10%; Selingan : 5% ; Info sepekan 5%;

PENUTUP.

Utamatv lahir dan dikembangkan dengan idealisasi dan motivasi untuk memberikan sumbangan kepada masyarakat, terutama disekitar lingkungan komunitas kampus, untuk bersama-sama maju mendapatkan wawasan cakrawala informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi yang seluas-luasnya..