Studi Banding Universitas Nusa Bangsa Bogor ke Pusat Karir Universitas Widyatama

Studi Banding Universitas Nusa Bangsa Bogor ke Pusat Karir Universitas Widyatama

Senin (24/7) Universitas Nusa Bangsa Bogor mengadakan studi banding ke Universitas Widyatama (UTama). Tiba di Ruang Rapat Rektorat Gedung A Lantai 2 Universitas Widyatama pukul 10.00 WIB, Ibu Karmanah (Ka. Biro Humas dan Promosi) UNB Bogor dan Ibu Nia Yuliani (Ka. Pusat Karir & Alumni) bersama staf bagian Promosi, Kepegawaian dan Pusat Karir disambut oleh Bapak Pipin Sukandi S.E., M.M selaku Kepala Career Center Universitas Widyatama. Turut hadir pada studi banding Dekan Fakultas Teknik Universitas Widyatama Dr. Oktri Muhammad Firdaus, Dekan Fakultas Bahasa Dr. Hero Gunawan, Wakil Dekan Fakultas Desain Komunikasi Visual Bapak Bidiman M.Pd, Wakil Dekan Fakultas Ekonomi Ibu Dr. Rita Yuniarti, S.E., M.M Ak., CA beserta Perwakilan dari beberapa Biro di Universitas Widyatama.

Acara dimulai dengan kata sambutan dari Wakil Rektor Bidang Akademik, Perencanaan dan Kerjasama Universitas Widyatama Ibu Dr. Ir. Dyah Kusumastuti, M.Sc dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Karmanah. Dalam sambutannya, Dyah meyampaikan peran Pusat Karir pada Perguruan Tinggi sangat penting guna mendukung program pemerintah dengan upaya yang akan terus menekan angka pengangguran di Indonesia, namun saat ini pemerintah melalui Kemenristek Dikti berupaya megurangi angka pengangguran dengan menyusun program pembentukan karakter entrepreneur sejak mahasiswa memangku pendidikan pada Perguruan Tinggi. Secara otomatis Pusat Karir harus membentuk program untuk menunjang visi pemerintah tersebut.

Sementara itu Ibu Karmanah menyampaikan pada sambutannya bahwa tujuan kegiatan tersebut atas rekomendasi dari KemenristekdIkti karena Pusat Karir Widyatama sebagai Koordinator Pusat Karir Jawa Barat yang ditunjuk oleh Dirjen Belmawa Kemenristek Dikti dan telah berhasil mendapatkan Hibah Tracer Studi. Selain itu juga untuk mendapatkan informasi tentang kegiatan apa saja yang terdapat pada Pusat Karir (Career Center) Universitas Widyatama. Pusat Karir Universitas Widyatama merupakan unit tersendiri yang bertugas dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia untuk menjadikan tenaga kerja yang kompeten, siap pakai dan berdaya saing yang pengelolaannya dikelola oleh 3 orang yakni Kepala Pusat Karir dan dua orang kepala sub bagian yang meliputi hubungan perusahaan, tracer study dan kerjasama perusahaan.

Program Pusat Karir Universitas Widyatama diantaranya menjadi mediator antara para pencari kerja dengan perusahaan/instansi/industri yang sedang membutuhkan tenaga kerja. Kegiatan yang dilakukan oleh Career Center adalah program persiapan karir (seminar dan training), menyelenggarakan bursa kerja (job fair), Gathering antara alumni, perusahaan sebagai user dan pihak Program Studi serta menyelenggarakan kegiatan tracer study.  Setelah dilakukan tanya jawab, dilakukan serah terima cindera mata. Rombongan kemudian diajak berkeliling untuk melihat unit-unit yang ada di Universitas Widyatama.

“Diharapkan melalui kegiatan ini, dapat menjadikan motivasi untuk menjadikan Pusat Karir di UNB Bogor menjadi lebih optimal dalam pelayanannya melalui dukungan dari seluruh Civitas Academica”. tambah Ibu Karmanah pada sesi penutupan studi banding.