Ratusan Mahasiswa Bandung Memadati Sosialisasi Pajak Bertutur di Universitas Widyatama

Ratusan Mahasiswa Bandung Memadati Sosialisasi Pajak Bertutur di Universitas Widyatama

Jum’at (11/8) Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat I menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi sadar pajak melalui program “Pajak Bertutur” di Gedung Auditorium (GSG) Widyatama. Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Kanwil DJP Jawa Barat I, Bapak Yoyok Satiotomo untuk memaparkan program Pajak Bertutur, Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama Bapak Dr. Wedi Rusmawan K. S.E., M.Si., Ak., CA dan Kepala Quantum Universitas Widyatama Bapak Khairul Saleh, S.E., M.Sc., AAp-A.

Dalam pemaparannya Yoyok menyebut Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sangat bergantung pada sektor perpajakan. Sekira 75% sumber pendapatan APBN berasal dari sektor pajak namun kesadaran masyarakat tentang pajak masih rendah. Sebab itu, sejumlah langkah mesti ditempuh supaya kesadaran pajak meningkat yakni melalui kegiatan Pajak Bertutur. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menyadari pentingnya kesadaran pajak harus ditanamkan sejak dini. Oleh karena itu, DJP memiliki program bernama Pajak Bertutur, yang merupakan salah satu bentuk kampanye program edukasi kesadaran pajak.

Sosialisasi Pajak Bertutur 1

Program Pajak Bertutur ini merupakan salah satu upaya Ditjen Pajak meningkatkan kesadaran Wajib Pajak melalui jalur pendidikan. Program ini dilaksanakan serentak secara nasional di beberapa kanwil danPerguruan tinggi diantaranya DJP Kalimantara, DJP Jakarta Barat, Universitas Nasional, DJP Sulselbartra, Universitas Merdeka Madiun, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Universitas Udayana Bali, Universitas Sumatera Utara dan Universitas Guna Darma. sementara Kanwil DJP Jawa Barat I dilaksanakan di Universitas Widyatama, Bandung.

Yoyok Satiotomo menyebut di wilayah Kanwil DJP Jabar I, ada 19 unit kerja (Kanwil, 16 KPP, dan 2 KP2KP) yang menyelenggarakan program ini, di 83 lokasi (SD, SMP, SMA, dan PT). Sekira 5.260 orang menjadi peserta. “Kami pusatkan di Universitas Widyatama. Sebanyak lebih dari 600 peserta yang hadir dari 8 kampus berbeda,” tuturnya.

Delapan kampus itu adalah Universitas Widyatama, Universitas Telkom, STIE Ekuitas, Universitas Parahyangan, Universitas Sangga Buana-YPKP, Universitas Pendidikan Indonesia, Politeknik Negeri Bandung, dan STMIK-LPKIA Bandung.

Sosialisasi Pajak Bertutur 2

Pada kesempatan itu Menteri Keuangan Sri Mulyani turut memberikan kuliah umum untuk turut menyadarkan generasi muda agar sadar pajak melalui Video Conference pada 11 titik di Indonesia dan berdialog dengan para peserta didik baik siswa maupun mahasiswa.

Pada kesempatan itu Ibu Sri mengungkapkan untuk membangun Negara yang telan merdeka selama 72 tahun ini agar lebih baik lagi diperlukan setidaknya empat aspek dalam hal investasi diantaranya yang pertama Investasi Sumber Daya Manusia melalui pembangunan pendidikan, “20% APBN diserap untuk membangun aspek pendidikan”, tambanhnya. Kedua Investasi Infrastruktur dan Urbanisasi, ketiga Investasi Teknologi, Inovasi dan Litbang, yang keempat Investasi Institusi dan Reformasi.

Sosialisasi Program Pajak Bertutur di Universitas Widyatama didaulat sebagai kampus dengan peserta terbanyak dan mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia.