Perpustakaan Universitas Widyatama Raih Akreditasi “A”

Perpustakaan Universitas Widyatama Raih Akreditasi “A”

Setelah menerima Visitasi dari tim assessor Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada Selasa (11/7), terhitung tanggal 7 Agustus 2017 Akreditasi Perpustakaan Universitas Widyatama meraih pencapaian akreditasi tertinggi yakni Akreditasi “A”. Visitasi tersebut dilakukan dalam rangka akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi. Ini merupakan pertama kalinya Perpustakaan UTama melaksanakan akreditasi Perpustakaan.

Salah satu bentuk pengakuan formal terhadap pemenuhan standar perpustakaan yaitu melalui akreditasi perpustakaan. Dalam Peraturan Pemerintah nomor 24 tahun 2014 dinyatakan bahwa akreditasi adalah rangkaian kegiatan proses pengakuan formal oleh lembaga akreditasi yang menyatakan bahwa suatu lembaga telah memenuhi persyaratan untuk melakukan kegiatan sertifikasi tertentu. Akreditasi perpustakaan merupakan rangkaian kegiatan proses pengakuan formal oleh lembaga akreditasi perpustakaan yang menyatakan bahwa lembaga perpustakaan telah memenuhi perysaratan untuk melakukan kegiatan pengelolaan perpustakaan. perpustakaan yang telah diakreditasi akan memperoleh sertifikat akreditasi. Lebih lanjut dapat ditambahkan bahwa penerima sertifikat akreditasi perpustakaan menunjukkan telah dapat mencapai tingkatan tertentu dalam pencapaian standar perpustakaan.

Akreditasi perpustakaan merupakan evaluasi terhadap aspek-aspek penyelenggaraan perpustakaan apakah sudah sesuai dengan standar nasional perpustakaan. Akreditasi perpustakaan juga merupakan evaluasi yang dilakukan oleh pihak eksternal untuk menilai dan mendorong peningkatan kualitas dan efektivitas perpustakaan. Salah satu tujuan akreditasi adalah memperbaiki lembaga yang diakreditasi termasuk Perguruan Tinggi. Perpustakaan yang belum memenuhi standar minimal sebagaimana standar perpustakaan harus membenahi diri untuk berupaya memperbaiki perpustakaanya agar memenuhi standar minimal perpustakaan.

Dalam melakukan akreditasi perpustakaan terdapat beberapa standar dan pedoman yang dijadikan acuan dalam melakukan evaluasi. Standar dan pedoman tersebut diantaranya : Standar Nasional Perpustakaan (SNP), Standar Nasional Indonesia (SNI) terkait untuk komponen-komponen yang diperlukan namun belum terliput dalam SNP, standar menejemen mutu dalam kegiatan perpustakaan, pedoman akreditasi perpustakaan terkait dan pedoman lain yang  dikembangkan (termasuk kode etik asesor dan penyusunan laporan asesmen).

Kegiatan akreditasi perpustakaan memberikan banyak manfaat untuk perpustakaan yang diakreditasi. Beberapa manfaat akreditasi perpustakaan antara lain membangun kualitas lembaga perpustakaan, menentukan derajat pemenuhan standar pada suatu perpustakaan, memotivasi pengelola perpustakaan untuk membangun perpustakaan ke jenjang yang labih baik dan professional, mengangkat citra perpustakaan serta meningkatkan pengakuan pasar atau masyarakat terhadap kinerja perpustakaan.

 

Civitas Academica Universitas Widyatama mengucapkan selamat atas diraihnya peringkat “Akreditasi A” Perpustakaan UTama

Semoga menjadi inspirasi, dapat menjaga dan meningkatkan layanan kepada stakeholder yang lebih