Sejak awal kemerdekaan gelar profesi akuntansi di Indonesia hanya diberikan oleh Panitia ahli sesuai dengan Undang-undang No. 34 tahun 1954 yang beregister Negara dari Dep. Keuangan RI dilaksanakan secara nasional.Kini gelar profesi akuntansi diberikan hanya kepada lulusan “Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)” yang terdaftar di Dep. Keuangan RI dan mendapatkan register Negara.Universitas Widyatama yang sudah berpuluh-puluh tahun menekuni Pendidikan di bidang Akuntansi, tampil kedepan menjadi salah satu Universitas yang diberi kewenangan untuk menyelenggarakan “Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)” sesuai dengan surat Izin Ditjen Dikti No. 2780/D/T/2004 sejak 16 Juli 2004 dan diperpanjang dengan surat Izin Ditjen Dikti No. 001/BAN-PT/Ak-I/PP/XII/2009 yang mampu menghasilkan akuntan professional, handal dan beregister negara sebagai jawaban terhadap tantangan kebutuhan kondisi tersebut.

Lulusan Program PPAk – Widyatama mendapat ijazah dari Universitas Widyatama dan berhak menyandang sebutan AKUNTAN (Ak). Dengan Ijazah tersebut lulusan dapat mendaftar ke Departemen Keuangan untuk mendapatkan nomor Registrasi Akuntan (pengurusan Register Negara dilakukan oleh PPAk Widyatama)

VISI PROGRAM PPAk

Menjadi wahana ilmu terapan dalam bidang akuntansi untuk menghasilkan sumber daya manusia yang profesional, berintegritas tinggi, sehingga mampu meningkatkan sumber daya bangsa yang berkualitas yang memiliki keunggulan bersaing (nation competitiveness).

MISI PROGRAM PPAk

  1. Melaksanakan Program Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang akuntansi yang berwawasan global.
  2. Menyelenggarakan pendidikan akuntansi yang berkualitas dan berkelanjutan yang mudah diakses dan terjangkau oleh masyarakat luas sehingga mampu berperan aktif dalam mencerdaskan bangsa.
  3. Melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan ilmu ekonomi khususnya dalam bidang akuntansi dan bisnis yang efisien dan efektif sehingga menghasilkan lulusan bidang akuntansi yang kreatif, inovatif dan mampu bersaing.
  4. Berperan serta dalam menyiapkan tenaga ahli professional dalam bidang akuntansi yang memiliki integritas dan siap menghadapi dunia bisnis yang dinamis, menjunjung norma-norma dan etika profesi.

 

TUJUAN PROGRAM PPAk

Tujuan program studi  merujuk pada tujuan lembaga dan merupakan turunan dari misinya sebagai berikut:

  1. Terlaksananya Program Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang akuntansi yang berwawasan global.
  2. Terselenggaranya pendidikan akuntansi yang berkualitas dan berkelanjutan yang mudah diakses dan terjangkau oleh masyarakat luas sehingga mampu berperan aktif dalam mencerdaskan bangsa.
  3. Terlaksananya kegiatan penelitian dan pengembangan ilmu ekonomi khususnya dalam bidang akuntansi dan bisnis yang efisien dan efektif sehingga menghasilkan lulusan bidang akuntansi yang kreatif, inovatif dan mampu bersaing.
  4. Ikut berperan serta dalam menyiapkan tenaga ahli professional dalam bidang akuntansi yang memiliki integritas dan siap menghadapi dunia bisnis yang dinamis, menjunjung norma-norma dan etika profesi.

SASARAN PROGRAM PPAk

Sasaran program studi PPAk mengacu pada sasaran mutu Universitas, yaitu:

a.  Sekurang-kurangnya  75%  mahasiswa  lulus  tepat  waktu  (≤ 2  semester)  dengan prestasi yang memuaskan (IPK ≥ 2,75).

b.   Sekurang-kurangnya 75% lulusan memiliki Score EPT minimal 450.

c.    Sekurang-kurangnya 75% lulusan menguasai aplikasi komputer di bidang akuntansi dengan nilai minimal B.

Info selengkapnya, http://ppak.widyatama.ac.id/