Welcome To Komunita !
Komunikasi Pendidikan Widyatama
Lihat Edisi Terbaru

MAJALAH KOMUNITA APRIL 2017

Issue Profesi Dosen Kini dan ke Depan Majalah triwulan edisi ke 19 Th6 April 2017 - Profesi Dosen dan Pendidikan Tinggi Prespektif Dulu, Kini Serta tantangan Ke Depan - Dosen, Siapakah Mereka ? dan Bagaimana PT Mengelola Diri - Memaknai dosen, Profesi yang Luar Biasa - Upaya Institusi Membina Profesi Dosen - Dosen Tentang Diri dan Jati Diri - Paradigma Versus Pragmatisme Pendidikan Tinggi dan Dosen

Download

MAJALAH KOMUNITA NOVEMBER 2016

Issue: MEMAKNAI MAHASISWA DI ERA KINI Majalah Triwulan edisi 18/Th-5/November 2016 - Memaknai Mahasiswa di zaman Kiwari - Mahasiswa, Siapakah Mereka ? dan Topik lainnya.

Download

MAJALAH KOMUNITA JUNI 2016

Pembelajaran Yang Mencerahkan Di Perguruan Tinggi

Download

Mengapa Komunita

Peranan pendidikan tentunya memberikan kontribusi besar membangun kesejahteraan masyarakat Indonesia. Melalui pendidikan yang baik diharapkan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa secara bertahap dapat diwujudkan. Saat ini permasalahan pendidikan menjadi isu penting yang harus menjadi pemikiran bersama. Salah satu bentuk partisipasi pendidikan adalah mengelola informasi pendidikan - khususnya pendidikan tinggi - bagi peningkatan wawasan dan kualitas pemikiran pendidikan. Untuk itulah kami sebagai media komunikasi hadir untuk memberikan warna pada khasanah dunia pendidikan, khususnya pendidikan tinggi.

Majalah KOMUNITA perdana hadir pada Agustus 2011 dan pada tahun kelima saat ini, mengepak sayap berbagi informasi dan pengetahuan secara meluas. Atas informasi yang tersedia ini, sebagai bagian dari bacaan dan referensi yang kami hadirkan melalui bahasan popular dan semi ilmiah, namun sederhana dan mudah dicerna.

Keragaman rubrik majalah KOMUNITA merupakan upaya kami untuk menyajikan informasi mendidik yang dibutuhkan kalangan masyarakat. Distribusi KOMUNITA membuka segmen lebih luas, walau sebagai majalah segmented.

Tujuan KOMUNITA tentu saja sebagai wahana memperoleh informasi seputar pendidikan tinggi dan relevansinya dengan dunia industri/usaha, serta masyarakat; juga sebagai wahana mengembangkan budaya literasi dan kecendekiaan yang saat ini masih belum berkembang.

Kami sajikan pemikiran para pengambil kebijakan, dosen dan praktisi yang berkecimpung dalam hal pendidikan. Pelayanan kami dalam menyajikan informasi merupakan komitmen kami membantu membangun kesejahteraan bangsa melalui penyajian fakta dan informasi, serta upaya membuka wawasan sebagai dasar proses berpikir dan pengembangan diri, organisasi ataupun institusi dan juga masyarakat.

KOMUNITA juga memberikan ruang bagi perusahaan, industri dan instansi untuk dapat berbagai informasi produk atau jasa yang dimiliki kepada komunitas pendidikan, khususnya pendidikan tinggi.

Visi dan Misi

  • Visi

    Menjadi majalah pendidikan tinggi yang menjadi rujukan pemikiran, inspirasi, aspirasi dan solusi mendidik terkait isu-isu pendidikan yang berkembang, sekaligus sebagai salah satu upaya membangun kualitas pendidikan tinggi.

  • Misi

    1. Mewujudkan majalah pendidikan dan edukasi yang menjadi rujukan masyarakat.
    2. Sebagai sarana bagi komunitas pendidikan, pemerhati, dan masyarakat dalam menuangkan pemikiran, inspirasi, aspirasi, edukasi dan solusi terkait isu pendidikan tinggi.
    3. Sebagai media yang menjalin komunikasi antara komunitas pendidikan, komponen bangsa serta masyarakat dalam mengembangkan pendidikan tinggi.

Identitas dan Konten

Identifikasi Komunitas Pendidikan Tinggi

Majalah KOMUNITA sebagai sarana untuk mengembangkan pendidikan tinggi dari berbagai aspek. Sehubungan dengan itu KOMUNITA merupakan media komunikasi dan informasi yang berupaya menjangkau berbagai komunitas yang bersinggungan dengan pendidikan tinggi dari hulu sampai hilir.

 

Rubrikasi/Heading

KOMUNITA adalah majalah pendidikan yang terbit triwulan menyajikan artikel dan informasi, isu-isu pendidikan tinggi, studi kasus independen mendalam dan luas, analisis masalah operasional dan strategis aspek pendidikan tinggi.

Semua artikel di majalah KOMUNITA ditulis dari kontribusi pemikiran dan analisis para pengambil kebijakan, praktisi, akademisi, komunitas, serta individu-individu yang berkecimpung dan memberi warna dunia pendidikan tinggi. Rubrikasi KOMUNITA meliputi : From the Editor, Trends & Issues/Spotlight (Rubrik Utama), Mosaik Info Pendidikan & Widyatama/Breaking News, Tamu Kita/Profil Individu & PT, Free Forum Pendidikan Tinggi (Higher Education Corner)/Idea Watch/Ragam/Buah Pikir/Jendela/Opini, Galeri Foto Pendidikan, Education/Widyatama Inspiring, Agenda, Quote, Sisipan, Resensi Buku, Pendidikan Tinggi-pedia, Surat Pembaca, Higher Education Data & Reference, Sponsor/Advetorial/ Kemitraan.

Transformasi

Transformasi Pertama

Seperti mahluk hidup yang baru terlahir. Mencoba mengenali, berinteraksi, beradaptasi dengan lingkungan sekitar supaya dapat melebur dan pada akhirnya menjadi bagian dan memiliki nilai tambah tak terpisahkan bagi dunia.

Begitu pula kami. Majalah KOMUNITA, majalah pendidikan tinggi lahir di Bandung. Seperti bayi yang baru lahir. Kami mencoba mengenali, berinteraksi, beradaptasi dan memperbaiki diri agar pada akhirnya dapat menjadi bagian tak terpisahkan dan memiliki nilai tambah bagi lingkungan pendidikan tinggi pada khususnya dan bagi pembaca khalayak banyak pada umumnya.

Dengan semangat perubahan kami berusaha melakukan lompatan menjadi jauh lebih baik. Memasuki penerbitan tahun kedua, Di edisi tujuh, memasuki penerbitan tahun kedua, kami majalah KOMUNITA berusaha tampil lebih fresh, elegant, stylish, minimalis, desain menarik dan kekinian dalam setting serta layout mulai dari gambar serta foto sampai jenis cetakan huruf. Hal tersebut dilakukan tak lain dan tidak untuk hanya ingin supaya kami lebih dekat dan diterima oleh para pembaca tanpa harus merubah konteks sebagai majalah pendidikan.

Itulah transformasi KOMUNITA pertama kali, khususnya dalam aspek logo, desain cover dan tata letak majalah.

Transformasi Kedua

Dinamika perubahan di era kini mengalami percepatan yang sangat tinggi dipercepat perkembangan teknologi komunikasi dan informasi.

Di tahun keempat dan memasuki tahun kelima pada edisi #16 ini, KOMUNITA melakukan transformasi kedua. Transformasi kali ini menyangkut dua hal, yakni : 1) menguatkan agar tampilan selalu lebih fresh, elegant, stylish, minimalis, dengan desain menarik dan kekinian dalam setting serta layout; 2) menegaskan dirinya bahwa KOMUNITA adalah majalah pendidikan yang memfokuskan diri pada isu-isu pendidikan tinggi dan perguruan tinggi (PT).

Pendidikan tinggi dalam usia 63 tahun masih banyak menghadapi permasalahan mendasar yang memerlukan sinergi dalam mencari solusi bagi kemaslahatan bangsa dan generasi masa depan. Masalah mendasar pendidikan tinggi dan PT adalah problem relevansi dan mutu yang belum menggembirakan. Pendidikan tinggi belum bisa menjadi faktor penting yang mampu melahirkan enterpreneur dengan orientasi job creating dan kemandirian. Pengangguran terdidik dari hasil pendidikan terus bertambah, problem pengabdian masyarakat dimana PT tersebut berada dirasa kurang responsif, dan berkontribusi terhadap problem masyarakat. PT juga belum sepenuhnya mampu melahirkan lulusan yang memiliki akhlak mulia dan karakter yang kuat (Marzuki Alie).

 

Perjalanan lebih dari setengah abad (63 tahun) ternyata belum menjadikan pendidikan tinggi kita mendekati harapan semua pihak. Sehubungan dengan itu, kami berusaha lebih intens sesuai dengan peran kami membangun pendidikan tinggi dan perguruan tinggi yang lebih baik, berkualitas, serta memberikan kontribusi bagi harapan masyarakat.

Kami terus mencoba mengenali, berinteraksi, beradaptasi dan memperbaiki diri agar pada akhirnya dapat menjadi bagian tak terpisahkan dan memiliki nilai tambah bagi lingkungan pendidikan tinggi dan perguruan tinggi pada khususnya, serta bagi pembaca khalayak banyak pada umumnya. Kami berusaha selalu seiring sejalan, bersinergi dan saling menguatkan dengan semua komponan bangsa mengembangkan pendidikan tinggi dan perguruan tinggi yang kita cintai. Untuk itu kami hadir pula dalam format digital dihadapan anda.

Semoga kehadiran kami majalah KOMUNITA bermanfaat serta mengembangkan cara pandang positif kita. Vivat Widyatama, Vivat Civitas Academica, Vivat Indonesia dan Nusantara tercinta. (Lee)

Redaksi

Pembina :

Yayasan Widyatama, Universitas Widyatama

Dewan Ahli :

Prof. Karhi Nisjar Sarjudin, SE., MM., AK.;

Prof. Dr. Davidescu Cristiana Victoria Martha

Pemimpin Umum/Penanggungjawab :

Lili Irahali

Konsultan Media :

Otang Fharyana

Redaksi Pelaksana:

Redaktur Artikel : Abdoel Rozak;

Redaktur Komunitas : Eddy Budianto;

Redaktur Riset & Komunikasi : Rika Rachmawati;

Redaktur Artistik, Layout & Ilustrasi : Rudy Sagir, Annisa B Pertiwi, Nandani E. Mustopa;

Redaktur Alumni & Dunia Kerja : Pipin Sukandi

Redaktur Trend & Lifestyle : Astriawati Jenab;

Sekretaris Redaksi & Sirkulasi : Yanda Ramadana.

Kontributor :

Nur Adi Kusuma, Nugroho Hardiyanto, Fikri Alwi Hasan.

Kontak

For More Info

Alamat Redaksi /Sponsor & Berlangganan :

Jl. Cikutra 204 A Bandung 40125
Tlp. 022 – 727 5855 ex. 122; Fax. 022 - 7278861
Website : www. widyatama.ac.id
Email : komunita[at]widyatama.ac.id,
lili.irahali[at]widyatama.ac.id,
yanda.ramadana[at]widyatama.ac.id

Publisher

Yayasan Widyatama – Universitas Widyatama

Jl. Cikutra 204 A Bandung 40125
Tlp. 022 – 727 5855 ex. 122; Fax. 022 - 7278861
Website : www. widyatama.ac.id
Email : komunita[at]widyatama.ac.id,
lili.irahali[at]widyatama.ac.id,
yanda.ramadana[at]widyatama.ac.id