Art Therapy Center Universitas Widyatama “Pendidikan Yang Mencerahkan”

Art Therapy Center Universitas Widyatama “Pendidikan Yang Mencerahkan”

Dilansir dari Media Cetak Harian Nasional  (12-13/8) Kesempatan bekerja bagi kaum difabel sebenarnya sudah diatur dalam penjelasan Pasal 5 dan dinyata kan tegas dalam Pasal 28 UU No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (UU Ketenagakerjaan). Pasal 28 itu berbunyi, “Pengusaha harus mempekerja kan sekurang-kurangnya 1 (satu) orang penyandang cacat yang memenuhi persyaratan jabatan dan kualifikasi pe kerjaan pada perusahaan nya untuk setiap 100 (seratus) orang pekerja pada per usahaannya.” Faktanya, tidak demikian di tataran implementasi. Sejumlah pengusaha enggan memberikan pekerjaan kepada mereka dengan berberbeda, banyak kaum difabel tidak mau berdiam diri.

Mereka berusaha menggali potensi dengan membekali diri keterampilan dan kecakapan untuk membuktikan mampu bersaing di dunia kerja. Belum banyak lembaga pendidikan mengakomodasi mereka secara optimal. Sebagian besar perguruan tinggi masih membaurkan mahasiswa biasa dengan mahasiswa berkebutuhan khusus itu. Kasus perundungan pun tak terhindarkan. Di tengah salah satu problem pendidikan tinggi itu, Artherapy Center Universitas Widyatama Bandung, Jawa Barat, berusaha menjawab tantangan. Bagai mana penyelenggaraan pendidikan di sana, kami men coba melihat dari dekat Fakultas khusus kaum ber kebutuhan khusus itu.  bagai alasan. Kalau pun ada yang diberi kesempatan bekerja, perlakuan yang diterima kadang tidak manusiawi.

Menyadari sering dianggap berberbeda, banyak kaum difabel tidak mau berdiam diri. Mereka berusaha menggali potensi dengan membekali diri keterampilan dan kecakapan untuk membuktikan mampu bersaing di dunia kerja. Belum banyak lembaga pendidikan mengakomodasi mereka secara optimal. Sebagian besar perguruan tinggi masih membaurkan mahasiswa biasa dengan mahasiswa berkebutuhan khusus itu. Kasus perundungan pun tak terhindarkan. Di tengah salah satu problem pendidikan tinggi itu, Artherapy Center Universitas Widyatama Bandung, Jawa Barat, berusaha menjawab tantangan. Bagai mana penyelenggaraan pendidikan disana, kami men coba melihat dari dekat fakultas khusus kaum ber kebutuhan khusus itu.

Pada kesempatan itu, Art Therapy Center Universitas Widyatama menjadi headline di Media Cetak Harian Nasional. Berita lengkap dapat diunduh pada link berikut  http://www.widyatama.ac.id/wp-content/uploads/2015/02/12AGUST2017TH04NO1244.pdf