Universitas Widyatama
Jl. Cikutra no 204 A Bandung
Jawa Barat, Indonesia 40124
phone : +62-22-7275855 ext 228
Fax : +62-22-7202997

Rencana Pengembangan | Universitas Widyatama

Rencana Pengembangan Widyatama menjabarkan pemahaman dan kaitan antara idealisme holistik Universitas/ Yayasan Widyatama (Tata Nilai, Visi & Misi) dengan pembentukan profil lulusan Widyatama sejalan dengan sejarah Universitas. Disiplin ekonomi dan manajemen menjadi warna dasar kompetensi inti &quote;business & commerce&quote; Universitas Widyatama yang dituangkan dalam kandungan materi pembelajaran (content) dan sistem pembelajaran (process). Dalam kaitan dengan masa depan ekonomi nasional, regional maupun internasional yang sudah atau sedang menuju system market economy, perilaku kompetitif (competitive behavior) akan menjadi keharusan yang tidak dapat dihindarkan bagi para lulusan, baik sebagai enterpreneur atau employee private enterprise.

Karena itu, sesuai dengan karakteristik sistem ekonomi pasar, profil lulusan Widyatama haruslah merepresentasikan kompetensi yang kompetitif dan adaptif (Adaptive & Competitive Competency - ACC). Kompetensi tersebut dibangun melalui pembentukan nilai kompetensi generik (pendukung) dalam penguasaan bahasa Inggris dan Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) serta kompetensi khusus (utama) yang didefinisikan sesuai dengan karateristik bidang studi dan tuntutan profesi masing-masing. Profil tersebut diharapkan dapat memberikan daya saing (competitive advantage) yang memadai dan relevansi pendidikan yang tinggi.

Untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan daya saing tinggi secara global, Universitas Widyatama telah mengadopsi pola pembelajaran sertifikasi SAP (System Application and Product), salah satu software aplikasi yang digunakan oleh 80.000 negara di dunia termasuk 250 perusahaan di Indonesia. Tiga dari lima fakultas di Universitas Widyatama telah menerapkan metode pembelajaran SAP secara formal yang diikuti oleh rata-rata sekitar 2000 mahasiswa per`tahun, model pembelajaran dalam bentuk sertifikasi. Lulusan Universitas Widyatama yang telah memiliki sertifikasi SAP akan mendapatkan peluang lebih besar dari perusahaan-perusahaan yang telah menerapkan aplikasi SAP.

Lebih jauh, Universitas Widyatama merupakan salah satu unsur peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia melalui pendidikan, yang selanjutnya diharapkan dan diupayakan akan membentuk peningkatan kualitas menyeluruh dan berkesinambungan bagi bangsa dan negara.

Sistem pendidikan hanya dapat dikatakan berhasil bila proses pendidikan tersebut memberikan value dan keunggulan kompetitif pada lulusannya yang sekaligus merupakan value dan keunggulan kompetitif dari institusi pendidikan. Sistem pendidikan memerlukan keterlibatan aktif konsumen (anak didik) dalam proses penciptaan nilai (value creation).

Keharusan adanya keterlibatan anak didik dalam proses penciptaan nilai-nilai kompetensi yang diharapkan, menuntut adanya re-orientasi sistem pembelajaran klasik kearah perspektif yang memandang anak didik sebagai subjek (Student Centered Learning), dan competence based curriculum.

Maka, issue sentral proses pembelajaran atau value creation dalam sistem pendidikan adalah pembentukan kompetensi anak didik yang merupakan manisfestasi dari penguasaan empat pilar pendidikan "learning to know, to do, to live together & long life learning" sejalan dengan pergeseran Tata Nilai universal abad 21 yang berubah dari konsep pertumbuhan ekonomi kearah pengembangan kemanusiaan

Dalam konteks tersebut, keterampilan profesional (hardskills) dan keterampilan personal (softskills) tidak lagi dipandang sebagai dua satuan terpisah, akan tetapi merupakan kesatuan utuh dalam pembelajaran. Disisi lain perkembangan sektor lapangan kerja yang sedang dan sudah menuju ICT based management system dan globalisasi dengan segala aspeknya dipastikan akan merupakan faktor penggerak ke arah tuntutan penguasaan ICT/TIK dalam berbagai bidang profesi.

Kenyataan diatas mewarnai visi dan misi Universitas Widyatama serta mayoritas program yang dikembangkan dalam WDP (Widyatama Development Program) yang bercirikan penciptaan nilai-nilai kompetensi dalam keterampilan personal (softskills}, bahasa Inggris, penguasaan TIK selain tentunya keterampilan profesional sesuai dengan bidang studi.

Program & Deskripsi dari WDP (Widyatama Development Program)

Terkait dengan hal di atas, program pengembangan WDP mencakup empat komponen :

   1. Digital Campus Development (Intensifikasi & Aksesbiliti)
          * Sistem pembelajaran yang modern dan berbasis ICT untuk menjadi Student Based Learning.
          * Pengembangan dan Implementasi ICT di kampus Widyatama yang membentuk lingkungan yang modern.
          * Menjadikan kampus Widyatama sebagai bagian dari INHERENT
          * Menjadikan civitas Widyatama mempunyai ICT literate yang tinggi dan mampu memanfaatkannya untuk mendukung program lainnya
   2. Core Competence and Management Enhancement
          * Mengembangkan core competency sistem manajemen mutu yang sudah dimiliki Widyatama.
          * Meningkatkan mutu kerja dan layanan Widyatama.
   3. External Networking & Business Community Development
          * Pengembangan komunitas bisnis Widyatama (mahasiswa, dosen, alumni, dan masyarakat bisnis).
          * Lingkage sistem pembelajaran dan industry/bisnis masa depan (creative economy).
          * International Networking untuk pengingkatan daya saing & akses ke International Employment.
   4. Physical Development
          * Pengembangan prasarana dan sarana fisik.

FacebookTwitterUtama on Google MapsYoutubeFlickrFeed Burner
aiu 4icu TUV SAP SEAAIR CISCO